KEMANA SETELAH LULUS SMA?

OPINI

Oleh : Heru B Setyawan ((Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

PENGUMUMAN Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan, SNMPTN adalah jalur pendaftaran ke PTN dengan mengirim nilai raport dari semester 1 – 5, bagi yang sudah diterima, penulis ucapkan selamat.

Sementara bagi yang belum diterima lewat jalur ini, tetap semangat, karena masih ada jalur lain, yaitu lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN adalah jalur pendaftaran ke PTN dengan test tertulis secara bersama seluruh PTN di Indone­sia serta ada juga jalur mandiri, jalur mandiri adalah jalur pendaf­taran ke PTN dengan test tertulis yang dilakukan sendiri-sendiri oleh PTN.

Ada PTN yang berbentuk kedinasan, seperti STAN dan STPDN yang biasanya melakukan penerimaan mahasiswa baru lewat jalur mandiri dengan banyak persyaratan, test dan seleksi yang super ketat.

BACA JUGA :  Sopir Truk Ditemukan Tewas di Depan Pura, Diduga Hendak Ganti Ban

Bisa juga kuliah di PTS Per­guruan Tinggi Swasta (PTS), memang tidak bisa dipungkiri, jika PTN masih lebih baik dari PTS, tapi ada juga PTS yang mutunya bagus dan mengalahkan PTN, tapi jumlahn­ya memang masih sedikit.

Untuk patokan memilih PTS, cari PTS yang status akreditasinya dapat A, ini menjamin mutu dan keseriusan PTS tersebut.

Lihat juga jum­lah guru besarnya, ijazah dosen­nya minimal S-2 dan kompetensi alumni serta tingkat kepercayaan masyarakat terhadap PTS ini.

Juga bisa kuliah di luar negeri, cara mengeceknya sama seperti tadi kita mengecek PTS, cuma di sini juga harus dipertimbangkan juga beaya hidup yang tinggi diluar negeri, budaya yang sangat berbeda dengan di In­donesia dan lain-lain, harus diper­timbangkan secara matang.

BACA JUGA :  Pemkot Bogor Cek Gudang Bulog Dramaga, Ketersediaan dan Harga Beras Normal

Untuk yang ingin cepat kerja dan kursus singkat atau kuliah di diploma I, II atau III ini cocok untuk mereka yang merasa ekonominya kurang atau untuk tidak mau merepotkan orang tua.

Kemudian nanti kuliah lagi S-1 dengan beaya sendiri, ini lebih mulia dan hebat, apalagi kalau sejak kuliah, sudah beaya sendiri ini lebih hebat lagi bro.

======================================
======================================
======================================