Pemkab Bogor Ajak Pengelola Statistik Sektoral se-Kabupaten Bogor Wujudkan Kapasitas Mutu Data Statistik Sektoral

Pemkab Bogor Ajak Pengelola Statistik Sektoral se-Kabupaten Bogor

BOGOR TODAY – Sebagai upaya meningkatkan skill dan kemampuan para pengelola statistik sektoral dalam melakukan penyusunan data statistik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor lakukan bimbingan teknis statistik peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) statistik sektoral untuk meningkatkan kapasitas mutu statistik daerah yang terintegrasi, yang berlangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (8/5/24).

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto mengungkapkan, ketersediaan data statistik yang berkualitas menjadi hal utama dalam perumusan kebijakan pembangunan dan sebagai alat kontrol atau monitoring terhadap implementasi perencanaan pembangunan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Karena menurutnya, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertenttu dalam rangka mendukung optimalisasi penyelenggaraan tugas pemerintah.

“Untuk itu data statistik yang lengkap, obyektif dan terpercaya sangat diperlukan dalam rangka mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan hasil-hasil pembangunan,” terang Bayu Ramawanto.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Lanjut Bayu Ramawanto bahwa, dalam pengelolaan data statistik sektoral harus dilakukan secara sinergi dan kolaborasi antara wali data dengan para pengelola data statistik sektoral di masing-masing perangkat daerah secara optimal.

Di sinilah diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif dari Perangkat Daerah dalam penyediaan data sektoral. Dengan data sektoral yang akurat dan berkualitas maka pembangunan akan lebih terarah dan terintegrasi.

Pemkab Bogor Ajak Pengelola Statistik Sektoral se-Kabupaten Bogor
============================================================
============================================================
============================================================