135 Pelaku UMKM di Kota Bogor Ikuti ‘UMKM Naik Kelas’

Kegiatan 'UMKM Kota Bogor Naik Kelas Untuk Indonesia Emas'.

BOGOR-TODAY.COM – Sebanyak 135 pelaku UMKM Kota Bogor mengikuti kegiatan naik kelas yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat bertajuk ‘UMKM Kota Bogor Naik Kelas Untuk Indonesia Emas’ di gedung Serbaguna DPRD Kota Bogor, pada Rabu (15/5/2024).

Kegiatan dibuka secara resmi Sekretaris Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Tatang Suryana didampingi Kepala Dinas KUKM, Perdagangan dan Perindustrian (DinKUKMDagin) Kota Bogor, Firdaus.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan ceremony UMKM naik kelas sekaligus reuni UMKM Juara tahun 2023,” kata Koordinator Pendamping Kota Bogor, Hadi Yahmin.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 13 Juni 2024

Dia menyebut, 135 pelaku UMKM yang ikut terdiri dari kuliner, kerajinan, fashion, sampai jasa. Untuk pendampingan yang dilakukan cukup panjang, yakni 8 bulan. Mulai April hingga November dengan metode pendampingan yang digunakan diantaranya class global dan small class.

“Kegiatan UMKM naik kelas 2024 dan reuni UMKM Juara 2023, kenapa dibarengkan karena memang salah satunya kita akan membagikan sertifikat UMKM Juara 2023,” kata Hadi.

Dia menjelaskan, dalam class global para pelaku UMKM dikumpulkan untuk diberikan materi dasar yang nanti ke depan akan dilanjutkan oleh para pendamping dengan penjelasan lebih detail terkait materi tersebut.

BACA JUGA :  Komunikasi Politik Terus Berlanjut, Sulhajji Temui Rudy dan Ini Hasilnya

Sementara untuk small class, pendampingannya bekerjasama dengan pihak lain, seperti kecamatan dan pihak lain. Kemudian ada kunjungan ke rumah industri para pelaku untuk melihat langsung dengan tujuan para pendamping mempunyai gambaran apa saja yang harus dilakukan, seperti mulai dari jenis, proses produksi, legal halal, legal industri atau legal produksi, yang belum punya NIB, PIRT bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, re-branding, packaging dan lainnya.

======================================
======================================
======================================