Gunung Ibu Maluku Utara Erupsi, Meletus Dahsyat Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 6.000 Meter

Gunung Ibu Maluku Utara Erupsi, Meletus Dahsyat Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 6.000 Meter. (dok Magma Indonesia)

BOGOR TODAY Meletus dahsyat, Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara alami eupsi pada Senin (27/5/2024) pukul 03.03 WIT. Dari catatan data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), gunung api aktif ini menyemburkan kolom abu setinggi 6.000 meter atau 6 km.

Tinggi kolom letusan Gunung Ibu mencapai 6.000 meter di atas puncak atau 7.325 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Hal itu dikatakan Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid.

BACA JUGA :  PENINGKATAN KINERJA BAPPENDA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2024

“Setelah 6 hari tidak mengalami erupsi, Gunung Ibu kembali erupsi dengan ketinggian 6.000 meter,” ujar Wafid, Senin (27/5/2024).

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini 3 menit 57 detik. Demikian dijelaskan Wafid.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Bentuk Tim Pemeriksa Kesehatan untuk Meriahkan Idul Adha dengan Hewan Qurban Sehat dan Berkualitas

“Terdengar dentuman dan gemuruh sampai ke Pos Pos Pengamatan Gunung Api (PGA),” katanya.

Selain itu, hujan pasir juga dilaporkan turun hingga Pos PGA Gunung Ibu. Hingga saat ini erupsi di Gunung Ibu masih berlangsung.

“Hujan pasir dilaporkan turun sampai ke Pos Pengamatan Gunung Ibu di Desa Gamici,” ucapnya.

======================================
======================================
======================================