Pemkab Bogor Gelar Dialog Nasional Wujudkan Ketahanan Ekonomi Daerah

Pemkab Bogor Gelar Dialog Nasional Wujudkan Ketahanan Ekonomi Daerah

BOGOR TODAY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar dialog nasional bidang ketahanan ekonomi dengan tema UMKM dan pangan, untuk mewujudkan ketahanan ekonomi di daerah. Acara tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542. Acara dibuka secara virtual oleh Plh. Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Togap Simangunsong, di Ruang Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Cibinong, Jumat (7/6).

Plh. Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Togap Simangunsong menjelaskan, pemerintah daerah harus selalu berupaya menjaga stabilitas harga dengan cara menyusun neraca kebutuhan pokok masyarakat, agar dapat terpantau berapa kebutuhan dan stok bulanan. Mengingat pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki.

“Terdapat enam upaya konkret pemerintah daerah dalam menangani inflasi daerah. Kabupaten Bogor menjadi salah satu dari 28 pemda, yang melaksanakan enam aksi konkret tersebut,” jelas Togap.

BACA JUGA :  Polisi di Bogor Ringkus Adik Kakak Jaringan Judi Online, Gaet 70 Selebgram

Togap melanjutkan, yakni melaksanakan operasi pasar, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan bantuan tunai, dan dukungan transportasi dari APBD.

Pemkab Bogor Gelar Dialog Nasional Wujudkan Ketahanan Ekonomi Daerah

“Semoga dialog nasional bidang ketahanan ekonomi ini dapat menghasilkan berbagai pemikiran konstruktif. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kewirausahaan UMKM dan ketahanan pangan. Dalam rangka mewujudkan ketahanan ekonomi dan pengendalian inflasi di daerah,” ujar Togap.

Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengungkapkan, UMKM dan sektor pangan memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dinas Koperasi UKM (Diskop UKM) Kabupaten Bogor telah melakukan kegiatan fasilitasi bagi para pelaku UMKM dengan memberikan dukungan berupa sewa toko dan sarana penunjangnya, dan saat ini telah memfasilitasi sebanyak 32 Etals di kecamatan.

BACA JUGA :  Uji Coba Kantong Parkir Angkutan Tambang Parung Panjang Berhasil Urai Kemacetan

“Disamping itu pula Diskop UKM telah memfasilitasi kemitraan kepada para UMKM dengan pasar modern. Untuk mendukung sektor pariwisata, Diskop Ukm telah memberikan pula dukungan kepada para pelaku UMKM berupa booth stand sebanyak 161 unit di 27 lokasi objek wisata yang tersebar di 10 kecamatan,” ungkap Suryanto.

Suryanto menambahkan, terkait dengan kontribusi sektor pangan dalam mewujudkan ketahanan ekonomi di daerah, Pemkab Bogor terus berupaya menjawab isu krisis pangan dengan meningkatkan ketahanan pangan daerah dengan strategi peningkatan ketersediaan dan diversifikasi konsumsi pangan yang aman. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan daerah melalui berbagai kegiatan.

======================================
======================================
======================================