Lebih dari 100 Sekolah di Kota Bogor Terima Hibah Pendidikan Rp5,3 Miliar untuk Tahun 2024

BOGORTODAY.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengalokasikan dana hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp5,3 miliar untuk Madrasah Ibtidaiyah (Mi) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada tahun 2024.

” Ya, jadi total dana hibah Rp5,332 miliar sekian. Dana hibah itu dialokasikan untuk 108 sekolah dengan rincian 59 Mi maupun 49 MTS swasta di Kota Bogor,” kata Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari, Rabu (19/6/2024).

Menurutnya, dana hibah dialokasikan berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 8 Tahun 2024 tentang pelaksanaan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, Ia menyampaikan kepada ekosistem pendidikan se-Kota Bogor untuk menyikapi anak didik di era sekarang atau dikenal dengan istilah Generasi Strawberry, bagaimana kita menyikapi anak didik di era sekarang.

“Di mana ada namanya Generasi Strawberry yang berbeda dengan generasi kita, oleh karenanya mohon ini diantisipasi, berbeda cara menanganinya, komunikasinya, karena mereka kreatif digital, ekspektasinya tinggi, mudah mendapatkan informasi dan sebagainya,” ujar Hery.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor : Semoga Polri Semakin Presisi Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Sementara itu, Plh Kabag Kesra Setda Kota Bogor, Lia Kania Dewi mengatakan, ini merupakan pemberian sejumlah uang oleh pemerintah daerah kepada SD Swasta, SMP Swasta, Madrasah Ibtidaiyah negeri/swasta dan Madrasah Tsanawiyah negeri/swasta yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa.

“Pemberian BOS bertujuan untuk membiayai kegiatan operasional pendidikan, meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat, pemerataan dan perluasan akses pendidikan di daerah, mendorong sekolah untuk memenuhi standar nasional pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tutur Lia.

Lia menjelaskan, jumlah penerima hibah BOS tahun 2024 sebanyak 108 Madrasah dengan nominal Rp 5,332,165,000.- Dari jumlah tersebut, penerima hibah BOS diantaranya MI sebanyak 59 penerima dengan pagu anggaran sebesar Rp. 2,923,990,000, jumlah sebanyak 12.173 siswa dengan pagu sebesar Rp 230.000,- persiswa.

BACA JUGA :  6000 Beasiswa, Jurus Ampuh Calon Bupati Bogor Jaro Ade Hapus Angka Putus Sekolah

Sedangkan untuk, MTs sebanyak 49 penerima dengan pagu Anggaran sebesar Rp. 2,408,175,000, jumlah 8.757 siswa dengan pagu sebesar Rp275.000 persiswa.

“Hal itu tentunya dalam rangka pemerataan dan perluasan akses peningkatan mutu, daya saing serta penguatan tata kelola, satuan pendidikan dasar, perlu dukungan pendanaan dari APBD,” jelas Lia.

Menurutnua, hal itu sejalan dengan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional amanat mandatur 20 persen dari APBD. Dukungan APBD untuk MI/MTS diantaranya melalui BOS dan Bantuan Siswa Miskin (BSM).

“Maka itu perlunya pengelolaan bos di MTS/MI secara efektif, efisien dan akuntabel. Hari ini peserta 108 orang dari MI/MTS yang ada di Kota Bogor. Besaran dana bos didasarkan pada jumlah siswa perbulan Januari berdasarkan data dapodik,” pungkasnya.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

======================================
======================================
======================================