auto-prix-bhr-f1-1LONDON, Today – Bos Formula 1, Bernie Ecclestone, sudah bisa memprediksi persaingan adu cepat jet darat tahun ini. Mercedes disebut masih susah dikalahkan.

Mercedes mampu tampil dom­inan di ajang F1 tahun lalu. Dari 21 seri, mereka berhasil memenangi sebanyak 16 balapan.

Lewis Hamilton yang men­jadi juara dunia bisa menang se­banyak 10 kali. Sementara Nico Rosberg yang ada di posisi kedua memenangi sebanyak enam kali balapan.

Di klasemen konstruktor, Mer­cedes unggul jauh dari pesaing ter­dekatnya, Ferrari. Mercedes men­gumpulkan 703, sementara Ferrari yang ada di posisi kedua mengum­pulkan sebanyak 428 poin.

Dominasi Mercedes itu dipre­diksi masih akan berlanjut tahun ini. Apalagi, mereka memasok me­sin untuk tiga tim lain di F1

“Saya pikir, pada dasarnya mereka merupakan tim yang san­gat bagus, mesinnya jelas lebih bagus dari tim lainnya dan mereka jelas masih mempunyai satu pe­balap terbaik. Jadi, akan sulit bagi semua tim untuk mengalahkan mereka,” kata Ecclestonr di TSN Radio.

BACA JUGA :  Laga Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Disorot Media Internasional

Williams Pisah dengan Mer­cedes

Mantan pembalap Formula One (F1), Damon Hill, menyarank­an Williams untuk mengakhiri kerjasama dengan Mercedes. Hill menilai, jika ingin berkembang Williams sebaiknya tidak lagi menggunakan mesin Mercedes.

Menurut Hill, kegagalan Wil­liams bersaing di dua tim teratas pada F1 musim lalu dikarenakan oleh kondisi tim yang cenderung stagnan. Pria 55 tahun itu meya­kini, mesin dari Mercedes selalu memberikan kesulitan bagi Wil­liams.

“Masalah mereka musim lalu adalah mereka menggunakan me­sin yang sama dengan Tim Mer­cedes dan itu akan selalu menjadi hambatan di antara mereka. Untuk bisa berada di depan Ferrari dan Mercedes, mereka harus menggu­nakan mesin yang berbeda,” tutur Hill, seperti dimuat Sky Sports, Senin (18/1/2016).

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Jika melihat kualitas para pabrikan mesin yang ada saat ini, mantan pembalap asal Inggris itu menilai Honda adalah mesin yang tepat bagi Williams. Menurutnya, pabrikan asal Jepang tersebut se­dang menuju ke perubahan yang akan berdampak baik bagi Wil­liams.

“Saya pikir, satu-satunya mesin lain yang bisa Anda pertimbang­kan adalah Honda. Saya ingin me­lihat Williams bekerjasama dengan mesin Honda. Saya pikir Honda sedang berusaha untuk kembali (berjaya di F1),” urai juara dunia F1 satu kali itu.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================