BOGOR TODAY – Harga cabai dan bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Bogor mengalami kenaikan kebutu­han pokok pekan ini. “Kenaikan harga bawang karena dipenga­ruhi cuaca yang tidak menentu di beberapa daerah penghasil bawang, sehingga tidak dapat memenuhi stok kebutuhan di wilayah Kota Bogor,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Disperin­dag, Mangahit Sinaga di Bogor, Senin (7/3/2016).

Data harga-harga di Dinas Perindustrian dan Perdagan­gan Kota Bogor, menyebutkan harga cabai merah besar, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah menembus level Rp 40 ribu per kg dari sebelumnya sekitar Rp30 ribu.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 2 Mei 2024

Selain itu harga bawang merah juga naik dari biasanya Rp28 ribu per kg kini menjadi Rp30 ribu per kg. Demikian pula dengan harga bawang putih men­capai Rp30 ribu per kg.

Di luar cabai dan bawang, har­ga daging ayam masih bertahan di harga Rp35 ribu per kg. Ke­naikan justru terjadi pada ayam kampung dari Rp45 ribu per kg menjadi Rp60 ribu kg. Kenaikan ini disebabkan kebutuhan pakan yang tinggi selama musim peng­hujan.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Sementara itu untuk harga beras relatif stabil, untuk jenis IR 64 rata-rata dijual Rp8.500 per kg. Penurunan harga beras ter­jadi setelah diberlakukan operasi pasar secara tertutup selama tiga pekan yang menghabiskan 250 ton beras. “Harga beras relatif stabil, setelah operasi pasar ter­tutup kita laksanakan selama tiga pekan di bulan Februari. Harga beras yang tadinya Rp10.500 per kg, kini sudah turun menjadi Rp9.300 per kg,” kata Sinaga.

(Agam Imad Haraki|Yuska)

============================================================
============================================================
============================================================