Bandara-Abdulrachman-Saleh-3MALANG TODAY– Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, sudah kembali dibuka. Sebelumnya, bandara ditutup karena abu vulkanik dari Bromo.

“Diberitahukan bahwa Bandara Abdurahman Saleh Malang dibuka kembali jam 08.00 WIB tanggal 17/07/2016,” kata Menhub Ignasius Jonan, Minggu (17/7/2016).

Sudah beberapa hari ini Bromo memang ‘batuk’. Aki­batnya jalur penerbangan demi keselamatan ditutup leb­ih dahulu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG ) sudah menyam­paikan rekomendasi agar tak mendekati kawah bromo. Dalam situsnya disebutkan “masyarakat di sekitar Gu­nung Bromo dan pengujung/ wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki ka­wasan wisata itu dalam radius 1 km dari kawah aktif ”.

Kepala BPBD Jawa Timur Sudarmawan membenarkan larangan mendekati kawah Bromo itu. “Dengan mem­berikan rambu rambu laran­gan bagi yang tidak punya kepentingan dengan ritual prosesi Kasada serta imbauan keras untuk tidak mendekat ke kawah,” kata Sudarmawan, kemarin.

Untuk pemantauan kondisi Gunung Bromo ini, kata dia, pemerintah daerah, BPBD di kabupaten senantiasa berkoor­dinasi dengan Pos Pengama­tan Gunung Bromo di Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Ke­camatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo atau Pusat Vul­kanologi dan Mitigasi Bencana Geolog di Bandung.(Yuska Apitya/net)

loading...