BOGOR TODAY – Nama Mujenih (30) mendadak viral usai menemukan uang Rp 500 juta di dalam sebuah kantong plastik hitam pada Senin (6/7/2020) sore. Mujenih diketahui bekerja sebagai petugas kebersihan on train cleaning (OTC) di Stasiun Bojonggede

Bagaimana tidak, meski tidak memiliki harta berlimpah hal itu tidak membuatnya gelap mata melihat uang ratusan juta yang ditemukannya saat bekerja. Bahkan uang tersebut ia serahkan petugas stasiun.   

Menurut penuturannya, ia sedang membersihkan gerbong kereta. Kemudian melihat bungkusan plastik besar berwarna hitam dibawah bangku. Dia mengira bungkusan tersebut merupakan sampah yang dibuang dari salah satu penumpang.

“Saya kira bungkusan itu sampah, kantong plastik itu juga sempat ditendang-tendang sama penumpang. Pas saya cek, dilihat isinya uang banyak pecahan Rp 100.000 dibungkus koran juga,” ucap Mujenih, kepada wartawan, Jumat (10/7/2020).

Mujenih langsung melaporkan temuannya itu kepada petugas di Stasiun Bogor.

“Petugas sempat mengumumkan kepada pengguna KRL yang merasa kehilangan barang untuk datang ke ruang informasi. Terus datang seorang laki-laki tua yang mengaku telah kehilangan barang berupa kantong plastik hitam dan berisi uang,” tutur Mujenih.

Untuk memastikan barang tersebut adalah milik pria tersebut, petugas kemudian menyerahkan temuan uang setengah miliar itu yang disertai dengan tanda terima.

“Habis proses serah terima, saya langsung kerja lagi. Jadi enggak sempat ngobrol panjang dengan pemilik uang itu. Katanya sih uang itu untuk gaji karyawannya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kejadian seperti itu bukan kali pertama terjadi. Namun, temuan kali ini adalah yang paling besar jumlahnya.

“Paling besar ini, saya sudah kerja di sini tiga tahun. Dulu pernah ada temuan uang Rp 50 juta. Mudah-mudahan gak terjadi lagi, penumpang saya harap lebih hati-hati bawa barang apalagi uang,” imbuh dia.

Diketahui, aksi heroik Mujenih sempat viral di medis sosial instagram setelah akun @infodepok_id, mengunggah foto petugas sedang memeriksa tumpukan uang pecahan Rp 100.000 di atas meja kerja.

Pada keterangan rekaman gambar itu ditukiskan bahwa sejumlah uang tersebut ditemukan oleh tim on train cleaning (otc) atau petugas kebersihan yang bertugas di Stasiun Bojong, Bogor, Jawa Barat. (Bambang Supriyadi)