BOGOR TODAY – Di zaman milenial seperti sekarang ini banyak generasi muda yang lupa akan sejarah pahlawan Indonesia. Kebanyakan para anak muda lebih tertarik menirukan gaya orang luar negeri yang kekinian. Namun hal itu tidak berlaku bagi sekumpulan anak muda yang tergabung didalam Pedoeli dan Tjinta Indonesia (PETJI) Bogor.

Di sana para perkumpulan anak muda PETJI menirukan penampilan tokoh pahlawan Indonesia, mulai dari Ir Soerkarno (Presiden pertama Republik Indonesia) Mohammad Hatta (Wakil Presiden pertama RI), Jendral Soedirman, Jenderal Besar TNI (Purn.) H. M. Soeharto (Presiden RI ke 2), Sutan Syahrir, hingga anak pertama Ir Soekarno, Mohammad Guntur Soekarnoputra.

Ketua PETJI, Suryana Hasan mengatakan, terbentuknya PETJI ini berawal dari keprihatin dirinya terhadap anak-anak muda sekarang yang cendrung bergaya hidup kekinian dan terkesan lupa akan sejarah pahlawan Indonesia yang sudah berjuang melawan penjajah pada zaman dahulu.

Untuk itu, Ia pun mengajak anak muda yang kemudian membentuk sebuah perkumpulan yang di beri nama PETJI. Perkumpulan anak muda PETJI ini mulai dibentuk pada 2019 lalu, dan PETJI tersebut di isi orang-orang yang betul-betul cinta kepada sejarah para pahlawan.

“Jadi tujuan kita membentuk PETJI ini untuk melestarikan sejarah pahlawan, minimal mengingatkan kembali sejarah para pahlawan terdahulu kepada masyarakat dengan konsep film yang kita buat,” kata Suryana saat bersilaturahmi dengan Veteran di Gedung LVRI Kota Bogor.

Supaya benar-benar mirip dengan tokoh pahlawan, Ia pun mencari barang-barang antik mulai dari sepeda ontel, pakaian pahlawan, tongkat dan barang-barang antik lainnya. Dia juga mengaku untuk mencari barang antik tersebut cukup sulit, namun dengan adanya kemajuan teknologi barang-barang antik tersebut bisa didapatkan di toko online. Selain itu, Ia pun mendapatkan sepeda ontel di rekannya sendiri di wilayah Cimanggu dan juga di wikayah Jawa.

“Alhamdulillah sampai sekarang sudah ada sekitar 8 sampai 11 barang antik yang kita miliki. Barang-barang antik dan pakaian pahlawan itu sengaja saya fasilitasi untuk dipakai oleh teman-teman yang ada di PETJI ini,” ujar Suryana yang juga berperan atau menirukan Ir Soekarno tersebut.

Sementara itu, Ketua LVRI Cabang Kota Bogor yang diwakili Kabag Generasi Penerus, H.M Husni mengaku bangga dan terharu dengan hadirnya PETJI ini. Sebab, menurutnya ini merupakan corong dan contoh anak muda yang betul-betul peduli terhadap perjuangan para pahlawan.

Ia juga merasa, sangat terbantu dengan adanya anak-anak muda ini yang sudah memperkenalkan kembali sejarah pahlawan kepada masyarakat. Dia pun berjanji akan memfasilitasi dan memperkenalkan PETJI kepada Wali Kota Bogor dan juga jajarannya.

“Mereka juga tadi memperlihatkan film perjuangan yang mereka buat. Di situ saya sangat terharu dan apa yang di filmkan tersebut memang betul-betul terjadi di zaman saat saya masih kecil. Tetapi, tadi juga saya mendengar ada kendala-kendala yang dialami anak-anak ini yaitu masih kesulitan mencari lokasi-lokasi bersejarah di Kota Bogor sebagai tempat syuting filmnya, dan kami siap bantu, bahkan akan memfasilitasi untuk memperkenalkan kepada Walikota Bogor,” pungkasnya. (Heri)