BOGOR TODAY – Sama halnya seperti manusia, hewan peliharaan juga perlu diurus terkait beberapa halnya. Tak hanya urusan penampilan (grooming), namun juga bagi pemiliknya yang ingin menitipkan hewan peliharaan kesayangan saat ditinggal bepergian.

Seperti Rumah Terraria yang menyatakan sebagai One Stop Dog’s Entertainment
yang berorientasi pada kenyamanan fisik dan psikis dari Anjing yang dititipkan.

Disana, hewan peliharaan bisa mendapatkan perawatan, rekreasi, pembiakan, dan lain-lain. Fasilitas di Rumah Terraria di desain seperti “di rumah sendiri”.

Layaknya sebuah taman bermain, Rumah Terraria yang berlokasi di Parung, Desa Curug, Kabupaten Bogor menyediakan luar ruangan (outdoor) yang luas untuk anjing yang dititip di sana sehingga anjing merasa nyaman dan tidak stres. Anjing akan diperlakukan bak tamu hotel berbintang.

Menariknya, di Rumah Terraria, hewan peliharaan diberikan pelatihan berupa kepatuhan, seperti SIT (duduk dalam posisi benar), STAY (diam), DOWN (tiarap dalam posisi benar), No (larangan), Heel (Berjalan di posisi yang benar), Good (pujian), SIT STAY (duduk diam), COME (panggilan/datang menghampiri), DOWN STAY (Tiarap dan diam).

Di dalam pelatihan ini, anjing harus diinapkan di Rumah Terraria selama tiga bulan dan anjing akan dijamin mulai dari makanannya dan perawatan lainnya.

Menurut, pemilik Rumah Terraria, Yudianto Tasma, mereka (pemilik anjing) beralasan sebagian besar karena minimnya waktu interaksi dengan hewan peliharaannya, sehingga sang pemilik tidak mempunyai waktu dan kesabaran untuk melatih hewan peliharaannya ini.

Bangunan yang memiliki lahan 5000 meter persegi dan memiliki 200 kandang dengan dua ukuran yakni ukuran 2×2 meter dan kandang VIP berukuran 6×2 meter serta kolam renang, dibangun Yudi sejak dua belas tahun lalu.

“Awalnya dari hobi memelihara hewan dan memang sudah ada kandang, tempat bermain. Tadinya hanya untuk sendiri. Kemudian banyak masukan kenapa sih titipan hanya di petshop yang ruangannya sempit buat anjing sangat terbatas dan untuk anjing berukuran besar jadi stres,” tutur Yudiyanto, Sabtu (5/7/2020) kemarin.

Saat dikunjungi, di tempat ini, ada puluhan Anjing (ras/non-ras) berbagai jenis yang dititipkan dan dilatih seperti Anjing Kintamani, Samoyed, Beagle, Retriever, hingga St. Bernard, Rottweiler, ras Siberian Husky dan Beagle. Termasuk tipe Anjing penjaga seperti Doberman, Labrador, Rottweiler, Herder, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai tempat penitipan, pelatihan, dan perawatan, Rumah Terraria juga sering dipakai sebagai tempat kumpul-kumpul para artis dan komunitas pecinta Anjing. Terlihat ada sejumlah foto yang dipajang seperti model Aline dan Davina, Teungku Zaky, Jeremy Thomas, Ruhut Sitompol, Luky Hakim, dan masih banyak lagi.

“Disini kita menawarkan paket harian, bulanan, dan tahunan. Tempat ini juga bisa disewa untuk acara ulang tahun Anjing, party khusus Anjing dengan sistem booking. Paling ramai di booking itu, biasanya tahun baru dan lebaran. Rata-rata yang datang itu dari Jabodetabek,” bebernya.

Dalam tahun ini, sambungnya, ia akan menambah lagi kapasitas kandang sebanyak 50. Karena sejak ada kelonggaran PSBB ini, ada peningkatan permintaan khususnya untuk perawatan. (Bambang Supriyadi)