alfian mujaniAROGANSI diri atau kesombongan diri ada­lah penyakit yang bisa membuat orang lupa bersyukur dan kemudian berujung pada kehilan­gan nikmat. Lalu apa obatnya? Menurut para agamawan, penyakit ke­sombongan diri biasanya bisa disembuhkan den­gan dua hal: dicabut to­tal nikmatnya dan dihad­irkan saingan yang lebih baik atau lebih hebat untuk menyadarkan keterbatasan dirinya.

Ada kisah seorang isteri yang mereme­hkan suaminya. Si isteri itu sombong sekali, suka meninggalkan rumah, akrab dengan pria yang lain dan tak akrab dengan suaminya. Se­mua orang berkata bahwa tak ada yang bisa di­lakukan sang suami untuk menata isterinya itu. Ternyata, sang suami bisa “mengubah” tabiat buruk isterinya itu. Si istri lebih lembut, banyak tinggal di rumah, dan menyenangkan.

Banyak para suami yang bertanya apa rese­pnya. Suami itu menjawab: “Isteri saya berubah sejak saya punya pembantu cantik sekali. Lang­sung isteriku betah di rumah dan melayaniku dengan baik.” Pembanding atau saingan kadang berhikmah menyadarkan. Ada yang mau nyo­ba? Semoga isteri tuan-tuan shalihah semua.

loading...