Untitled-1RIO, TODAY—Jauh sebelum bergabung Barce­lona, Neymar rupanya pernah didekati Real Ma­drid. Tapi tawaran Madrid ditolak Neymar kare­na belum siap hijrah ke Eropa.

Tawaran El Real datang kepada bintang sepak­bola Brasil itu pada 2005 silam saat usianya baru menginjak 13 tahun. Ketika itu, Neymar masih ber­main di tim junior Santos.

Pada prosesnya, Neymar tetap di Santos hingga promosi ke tim utama pada 2009. Empat tahun berikutnya, kapten timnas Brasil itu hengkang ke Eropa tapi tidak ke Madrid, melainkan ke rival aba­di mereka yaitu Barcelona.

“Saat itu aku masih berusia 13 tahun dan itu adalah kali pertama bagiku di Eropa,” ungkap Ney­mar kepada L’Equipe sebagaimana diwartakan La Gazzetta dello Sport. “Tapi aku merasa belum siap untuk meninggalkan Brasil [ke Madrid], jadi aku ti­dak buru-buru.”

“Prioritasku dulu adalah merasa bahagia, men­jadi seorang pesepakbola profesional dan kemu­dian baru pindah ke Eropa.”

“Aku membuat keputusan itu bersama dengan keluargaku yang akan tinggal denganku, meskipun ketika itu banyak juga anak-anak Brasil yang sudah pindah ke Eropa,” cetus Neymar.

Saat ini Neymar tengah berada di negaranya un­tuk tampil di Olimpiade Rio de Janeiro. Neymar akan memimpin Selecao dalam usahanya meraih medali emas yang pertama dalam sejarah. (dtc)