BABAKANMADANG TODAY – Pos Binaan Terpadu Sehat Mandiri Produktif (Posbindu SMP) Sentul City tak pernah sepi kegiatan. Selasa 16 Juli 2019 lalu, salah satu Posbindu terbaik se Indonesia menggelar kegiatan seminar tentang kesehatan mata di Darmawan Park, Babakan Madang. Kali ini Posbindu SMP menggandeng Rumah Sakit (RS) Hermina Bogor sebagai mitra.

“Ini bukan yang pertama kali kita kerjasama dengan RS Hermina. Sudah sering dan tema seminarnya beda-beda sesuai kebutuhan anggota,” kata Ny. Henny (74), Ketua Posbindu SMP, Jumat (19/7/2019).

Sofie (37), Humas dan Marketing RS Hermina Bogor mengatakan, kerjasama yang dibangun bukan semata untuk kegiatan seminar saja.

“RS Hermina juga menjadi rujukan dan provider untuk Geriatrinya yaitu salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan-keadaan fisiologis dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan orang-orang lanjut usia dengan fokus pada penuaan dini dan tatalaksana penyakit terkait usia lanjut,” terangnya.

Sofie juga menjelaskan, seminar-seminar yang telah dilakukan oleh RS Hermina sebelumnua antara lain tentang nutrisi tepat lansia, juga tentang  kesehatan jiwa, karena banyak warga lansia yang berindikasi penyakit dengan gejala-gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain.

“Seringkali, memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara dan kemampuan motorik terpengaruh (Dimensia) kami mencoba untuk memotifasi mereka bahwa arti kata tua itu bukan berarti tidak bisa apa-apa, makanya kami mencoba memotifasi dengan mendatangkan dokter spesialis jiwa kami dan memberi edukasi yang lebih bagi warga lansia dan juga keluarga,” terangnya.

Jonni Kawaldi Direktur PT Sukaputra Graha Cemerlang (SGC) pengelola towhship management kawasan hunian Sentul City memuji Posbindu SMP Sentul City.

“Kita support kegiatan Posbindu SMP. Apalagi mereka sekarang sudah menjadi percontohan di Indonesia,” terangnya. (Iman R Hakim)

loading...