CUC55GrWUAAR8U0LENGKAP sudah 24 negara peserta Euro 2016 yang bakal ber­tarung di Prancis. Setelah itu, menarik menilik potensi grup nera­ka pada Euro 2016. Tidak semua tim yang memiliki nama besar ditempatkan di pot 1 atau sebagai ung­gulan pertama. Salah satu contohnya ialah finalis Euro 2012, Italia, yang harus puas berada di pot 2

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Kepastian itu didapat setelah Hungaria, Republik Ir­landia, Swedia, dan Ukraina menjadi empat negara terakhir yang melaju me­lalui babak playoff.

Setelah itu, menarik menilik potensi grup neraka pada Euro 2016. Nantinya fase grup yang mulai dilangsungkan pada 10 Juni 2016 akan dibagi ke enam grup yang masing-masing diisi empat negara.

Tidak semua tim yang memiliki nama besar ditempatkan di pot 1 atau sebagai unggulan pertama. Salah satu contohnya ialah finalis Euro 2012, Italia, yang harus puas berada di pot 2.

Karena itu, tim asuhan Antonio Con­te berpotensi satu grup dengan negara-negara kuat Eropa yang ditempatkan di pot 1 seperti Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, dan Belgia.

Semisal Spanyol dan Italia berada di grup yang sama, bukan tak mung­kin juara dan finalis Euro 2012 akan ditemani Republik Ceko (semifinalis Euro 2004) dan Turki (semifinalis Euro 2008). Sebab, Ceko dan Turki ditempat­kan pada pot 3 dan 4 di fase grup nanti.

Nantinya negara-negara yang berada dalam pot sama takkan bertemu di fase grup. Pengundian fase grup sendiri akan dilangsungkan di Paris, Prancis, pada 12 Desember 2015.