Home Nasional - Internasional Nasional Today Tim PSDKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia di Selat Malaka

Tim PSDKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia di Selat Malaka

0
18

BANDA ACEH TODAY – Satu unit kapal ikan berbendera Malaysia ditangkap tim Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) karena memasuki perairan Selat Malaka di wilayah Indonesia. Empat anak buah kapal diamankan.

“Kapal masuk ke Perairan Indonesia tanpa memiliki dokumen yang sah. Mereka juga memakai alat tangkap terlarang yaitu trawl (pukat harimau),” kata Kepala Pangkalan PSDKP Lampulo Banda Aceh Basri, Jumat (29/11/2019).

Penangkapan kapal serta ABK dilakukan tim PSDKP pada Kamis (28/11/2019) kemarin sekitar pukul 16.07 WIB. Keempat ABK kapal berukuran 59 GT tersebut yaitu Houn Huon, Sokhom Khoeurn, Nak Uth dan Kosal Hai.

“Keempat ABK berkewarganegaraan Kamboja. Nama-nama ABK masih perlu klarifikasi lengkap oleh penyidik. Sekarang mereka masih di laut,” jelas Basri.

Menurut Basri, lokasi penangkapan kapal tersebut yaitu di Perairan Selat Malaka dengan lokasi koordinat 03°42.639’N – 99°58.151’E. Usai ditangkap, kapal tersebut dibawa ke Langsa, Aceh.

Sementara ABK kapal rencananya akan dibawa ke Banda Aceh untuk menjalani pemeriksaan.

“Nanti malam (tim dan ABK) akan masuk ke Kuala Langsa. Awak kapal mungkin akan dibawa ke Banda Aceh, kapal tetap di Langsa,” ungkap Basri. (net)