JAKARTA TODAY – Beberapa petugas upacara dari aparat TNI dan Paspampres telah terlihat di pemakaman Ani Yudhoyono. Prosesi pemakaman nantinya dilangsungkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan.

Mereka pun melangsungkan gladi bersih sebelum mulainya prosesi pemakaman yang rencananya diselenggarakan sekira pukul 15.00 WIB. Collins G. Manurung sebagai salah satu petugas upacara pemakaman mengungkapkan, dirinya baru pertama kali menjadi petugas pemakaman jenazah.

“Baru pertama kali jadi petugas ini dari Batalyon pengawal protokoler kenegaraan TNI AD,” ucap Collins, Minggu, (2/6/2019).

Lebih lanjut, Collins mengatakan saat prosesi upacara pemakaman secara militer nanti, terdapat 10 orang petugas penembak. Namun, nantinya hanya ada satu kali tembakan saat upacara pemakaman berlangsung.

“Penembak 10 orang, pembawa bunga 6, pembawa foto 1. Satu kali tembakan,” ungkap Collins yang juga menjadi pemegang senjata.

Setelah dilakukan gladi bersih, area sekitar pemakaman pun dilakukan sterilisasi. Karena itu, para pertugas meminta kepada seluruh orang yang berada di area tersebut untuk berpindah sejenak.

Sekadar diketahui, prosesi pemakaman Ani Yudhoyono selaku istri dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan dilangsungkan pada pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, dilakukan juga upacara persemayaman di kediamannya di Cikeas, Bogor pada 13.30 WIB. (net)

loading...