BOGOR TODAY – Penyebaran kasus covid-19 di Kota Bogor terus mengalami peningkatan dan penyebarannya pun hampir menyeluruh ke setiap kelurahan. Namun, dari 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor ada beberapa wilayah yang masih aman alias berlabel zona putih, salah satunya Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan.

Bahkan, wilayah yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Bogor itu sudah hampir 4 bulan berlabel zona putih. Hal ini diungkapkan Sekretaris Kelurahan Rancamaya, Mulkan kepada Bogor Today.

Mulkan mengatakan, terakhir kasus covid di wilayah kerjanya itu terjadi pada April 2020 lalu. Namun, kasus tersebut bukanlah kasus positif covid melainkan warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Kalau tidak salah di bulan April itu ada warga kami yang baru pulang dari luar kota. Kemudian kita sarankan untuk isolasi mandiri selama 14 hari dan selama isolasi orang tersebut tidak mengeluhkan gejala covid hingga akhirnya dinyatakan selesai, hasil periksaan kesehatannya juga negatif,” kata Mulkan.

Meski nol kasus, lanjut Mulkan, pihak kelurahan tetap gencar melakukan sosialisasi sekaligus sidak masker di lingkungan masyarakat. Bukan itu saja, upaya-upaya lain seperti penyemprotan disinfektan pun masih tetap berjalan.

“Terbaru kita melakukan sidak masker bersama Pak Camat dan juga Bu Kadis Dalduk-KB. Kita sama-sama sosialisasi sekaligus membagikan masker kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa virus covid ini sangat berbahaya, sehingga warga harus tetap waspada dan selalu menjaga pola hidup sehat, terutama harus rajin cuci tangan, jaga jarak (physical distancing) dan pembiasaan menggunakan masker tiap hari.

“Kami tidak henti-hentinya, tanpa lelah untuk terus mengingatkan pentingnya jaga pola hidup sehat. Dan kami pun terus mengimbau untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Mudah-mudahan wilayah kami terus aman dari covid,” pungkasnya. (Heri)