Untitled-26

PRESIDEN Joko Widodo mengeluarkan pernyataan keras yang ditujukan ke para pembajak hak cipta karya seni. “Gebuk saja yang gede langsung,” kata Jokowi, Senin (18/5/2015).

YUSKA APITYA
[email protected]

Pernyataan Jokowi ini disampaikan saat mener i – ma Asosiasi Industri Rekaman Indonesia, Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik di Istana Negara, Jakarta, Acara ini juga dihadiri oleh Kapolri Jend Badrodin Haiti dan Kabareskrim Komjen Budi Waseso. Selain mengeluarkan pernyataan keras, Jokowi juga memerintahkan langsung Kapolri untuk ‘menggebuk’ para pemain besar. Yakni para mafia bajakan karya seni seperti lagu dan karya seni lainnya. Beberapa kali polisi memang menggerebek para pembajak karya cipta. Namun bagi Jokowi, langkah hukum itu dianggap hanya basa-basi belaka. “(Pembajakan) biasa diselesaikan sehari dua hari, sebagai hal yang basa basi. Kalau pembajakan terus menerus, penegakan hukumnya mestinya juga terus menerus,” lanjut Jokowi. Jokowi yakin polisi sudah punya data kuat siapa pemain besar di balik maraknya pembajakan ini. Dia meminta polisi jangan hanya galak terhadap para pembajak yang bertebaran di trotoar saja. “Bukan hanya di jalanan kanyang jualan, di toko-toko juga banyak sekali. Itu yang fisik, DVD VCD CD, yang online gampang sekali, gampang download, ini harus diurus, harus mulai diurus, dan urusnya terus menerus. Ada konsistensi kalau mau kita hilang (pembajakan),” papar Jokowi yang disambut tepuk tangan.

Baca Juga :  Miris, Wanita di Tapteng Lahirkan Bayi di Teras Gegara Puskesmas Tutup

Menurut Jokowi, yang harus digebuk dan diselesaikan oleh aparat penegak hukum harus pemain besar, bukan yang jualan di trotoar, bukan. ‘’Yang ditrotoar itu untuk rame-rame saja,” lanjutnya.
Jika tidak diselesaikan segera, dugaan Jokowi soal ada yang ‘melindungi’ para pembajak, justru akan semakin menguat. Dia juga berpesan kepada para pekerja seni agar bisa terus mengingatkan sejauh mana progres dari penegakan hukum ini nantinya. “Sekali lagi tolong ingatkan kalau, ‘Pak perasaan kita belum ada yang konkret?’, Saya nanti yang bagian (mengingatkan Kapolri),” tandasnya.
Presiden Jokowi menaruh perhatian kepada maraknya pembajakan mulai dari musik hingga film. Karena itu, Jokowi meminta Kapolri Jenderal Pol Badrodin dan jajaran kepolisian langsung menangkap mafia besar, bukan yang berdagang VCD di trotoar.