alfian mujani

ADA apa dengan perekonomian Indo­nesia saat ini? Tam­paknya bukan hanya melambat seperti dikatakan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo dan Menko Perekono­mian Sofyan Djalil, tetapi sudah lebih dari itu. Semua tam­pak lesu, tak bergai­rah. Sejumlah indus­tri manufaktur mulai tumbang. Pabrik sepatu dan garment mulai melakukan PHK massal. Penjualan properti turun hampir 50 persen, bgitu juga penjualan otomotif merosot tajam.

Situasi ekonomi nasional saat ini seperti sedang menghadapi masalah serius. Bebera­pa indikator seperti nilai tukar rupiah terha­dap dollar Amerika Serikat (USD) yang cenderung merosot, dana asing juga cenderung lari alias pulang kampung, cadangan devisa kian menipis, ekspor tak kunjung tumbuh, menunjukkan bahwa ekonomi nasional saat ini berada di ambang krisis.

Sementara itu, dana APBN yang dijanji­kan Presiden Joko Widodo segera mengalir melalui proyek-proyek infrastruktur, juga be­lum ngocor. Jika situasi ini berlanjut, maka akan terkena getahnya adalah rakyat kecil. Apa yang akan terjadi dua bulan ke depan? Wallahu alam, kita lihat saja nanti!

============================================================
============================================================
============================================================