20150528_135356

SEBANYAK 312 siswa dan siswi SMA Negeri 3 Bogor dilepas sebagai angkatan istimewa yang melahirkan banyak prestasi dan meraih nilai tertinggi di Kota Bogor.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Berbagai keg­iatan siap di­gelar dalam Jambore Cabang V dan LKPP Tingkat Kota Bogor 2015, setelah resmi di­buka pada Kamis (28/05/2015), kemarin. Pendidikan karakter dan akhlak ditanamkan sebagai misi dalam kegiatan lima tahun sekali ini.

Perhelatan akbar Kwartir Cabang Kota Bogor , Jambore Cabang dan Lomba Keterampilan Penggalang Kota Bogor Tahun 2015, mulai berlangsung setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Waliko­ta Bogor, H.Usmar Hariman di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Ke­giatan yang berlangsung selama empat hari mulai 28-31 Mei 2015 ini, diikuti oleh peserta sebanyak 2018 orang yang terdiri dari penggalang SD dan Penggalang SMP se-kota Bogor.

Wakil Walikota Bogor yang acara tersebut membuka secara resmi men­gamanatkan untuk meningkatkan terus prestasi dan pendidikan akhalk sejak usia dini. “Pramuka menjadi salah satu wadah pendidikan dan pembinaan bagi generasi muda. Sebab itu, jadikanlah ajang ini sebagai arena untuk meningkat­kan prestasi dan pendidikan akhlak sejak dini bagi generasi muda,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat yang juga merangkap sebagaiKetua Kwarcab Kota Bogor men­gapresiasi partisipasi peserta Jamcab Kota Bogor dan LKKP sekaligus menyam­paikan terima kasih atas kesungguhan anggota pramuka di Kota Bogor sehingga Kwartir Cabang Kota Bogor Masuk Ke­dalam Kwartir Cabang Tergiat ke-3 di Jawa Barat dan Kwartir Tergiat 2 di wili­yah 1. “Kita bersyukur dengan hasil ini. Terlbih lagi, penilaian ini dilakukan 5 ta­hun sekali ini oleh Kwartir Daerah Jawa Barat yang diikuti oleh seluruh Kwartir Cabang se-Jawa Barat atau 26 Kwartir Cabang,” ujarnya. Ade juga menambah­kan agar pramuka Kota Bogor terus ber­prestasi sebagai generasi penerus bang­sa. “Ini adalah bonus dari kerja keras dan totalitas dari keluarga besar pramuka Kota Bogor dalam menggerakkan dan membumi­kan gerakan pramuka di kota Bogor. Mudah-mu­dahan peng­hargaan ti­dak membuat semua pihak yang peduli den­gan pramuka cepat merasa puas. Tetapi sebaliknya, terpacu un­tuk terus berbuat dan berkarya bagi gerakan pramuka kota Bogor,” paparnya.

Sebagai catatan, Kwarda Jawa Barat memiliki lima aspek meliputi bidang or­ganisasi, bidang pendidikan, pelatihan, dan penelitian, bidang kepramukaan dan satuan karya, bidang abdi masyara­kat dan humas, serta bidang adminitrasi. “Alhamdulilah, ternyata banyak kegiatan dan aktivitas pramuka Kota Bogor yang menonjol pada lima bidang tersebut dan diapresiasi Kwarda,” ucapnya.

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka peng­galang. “Jamcab merupakan program yang dicanangkan setiap lima tahun sekali secara berjenjang mulai dari tingkat kota, provinsi dan nasional. Tujuannya sendiri untuk membentuk karakter pramuka penggalang,” kata Ketua Panitia Pelaksana Jambore Ca­bang V Kota Bogor Setia Budi.

Sementara, Sekretaris Kwarcab Kota Bogor, M Nurwali Amin mengu­raikan, kegiatan Jamcab bertema “Ber­satu Teguh Menuju Kota Bogor Lebih Maju” merupakan arena untuk melatih keterampilan dan pendidikan karakter. “Kegiatan meliputi, kegiatan umum, life skill, adventure, bakti dan wawasan, permainan tradisional, seni budaya dan binawasa,” paparnya. Acara Jamcab yang disertai dengan Lomba Keterampilan Pramuka Penggalang (LKPP) 2015 ini, semakin menguatkan peran dan fungsi pramuka dalam membangun karakter generasi muda bangsa yang berprestasi, bertakwa, cinta tanah air dan memiliki nilai kebangsaan yang kuat.