Wandik Soroti Pelestarian Budaya Sunda dan Permendikbud Tentang Pramuka

Rapat kerja Wandik Kota Bogor bersama Pemkot.

BOGOR-TODAY.COM – Dewan Pendidikan (Wandik) Kota Bogor menggelar Rapat Kerja 2024 di Hotel Mirah, Jalan Pangrango, Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

Rapat kerja yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah ini mengangkat tema ‘Optimalisasi Peran Komite Sekolah Dalam Penguatan Budaya Lokal dan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan’.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Bogor, Deddy Jumiawan Karyadi mengatakan, pada rapat kerja tahun ini Wandik menyoroti beberapa hal yang akan dijadikan dasar rekomendasi untuk diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

BACA JUGA :  Pemuda di Bogor Nekat Lawan 3 Perampok Usai Mobilnya Dicuri

Pertama, terkait penguatan pelestarian kebudayaan lokal di sekolah-sekolah dan kedua terkait Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024 tentang Pramuka yang menjadi ekstrakurikuler pilihan.

Ia menerangkan, terkait penguatan pelestarian kebudayaan lokal, pihaknya sudah membuat FGD dengan mengundang budayawan. Dari hasil diskusi ini, pentingnya diadakan pelajaran dan pembelajaran tentang budaya Sunda di sekolah-sekolah Kota Bogor.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Pimpin Apel Perdana, Ini Arahan Hery Antasari ke ASN

“Tapi memang banyak hal teknis yang menjadi tantangan di sekolah, dari mulai SDM dan fasilitas. Sehingga diperlukan kebijakan di tingkat kepala daerah. Jadi kami nanti akan meminta rekomendasi untuk dikeluarkannya Perwali,” jelas dia.

============================================================
============================================================
============================================================