permainan-tradisonal

CIBUBUR, TODAY – Semarak penyelenggaraan Jambore Ca­bang V dan Lomba Ketangkasan Pramuka Penggalang (LKPP) Kota Bogor tahun 2015 tergambar dalam keceriaan wajah dan gerak semangat 1500 peserta yang memulai hari pagi dengan mengikuti kegiatan senam pagi di bawah hangatnya matahari terbit pada Jumat (29/05/2015), kema­rin.

Keceriaan, kecerahan dan kesemarakan juga berlangsung dalam kegiatan lomba keterampilan dan ketangkasan penggalang tingkat penggalang SD dan SMP diantaranya Wide Game untuk Penggalang SMP/MTs dan lomba Vocal Group serta Lomba Poster bagi Penggalang SD. Lomba poster yang betemakan pramuka cinta lingkungan, per­mainan besar penggalang dan pengenalan per­mainan tradisional diikuti dengan penuh antusias oleh para peng­galang muda.

Baca Juga :  Meski Sedang Hamil, Nikita Willy Tetap Rutin Lakukan Ini Sampai Anunya Terlihat

Salah satu peser­ta, Nadia Intan Novita, peserta SMP Negeri 2 Bogor, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan Jambore Cabang V yang dilaksanakan di Cibubur ini. “KegiatanJambore bisa me­nambah banyak teman dan pengalaman, belajar mandiri dan mel­atih keterampilan,” ungkapnya. Selama di Jamcab tahun ini, Intan mengikuti kegiatan adventure atau petualangan.

Semangat serupa juga diungkapkan oleh Hamdani, Pem­bina dari pangkalan SDN Kebon Pedes 1 Bogor yang melihat event ini sebagai sebuah kesempatan untuk menambah pengalaman dan wawasan serta bisa melahirkan calon para pemimpin yang sesuai dengan Dasa Dharma. “Jambore Cabang menjadi salah satu kegiatan edukasi karakter yang efektif, mampu mengedepankan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma Pramuka,” tuturnya.

Baca Juga :  1 Unit Crane Terguling di Depok Timpa Rumah Warga, 1 Orang Meninggal Dunia

Sedangkan Amil Muzakil dari ORARI Wilayah Bogor berpendapat Jambore Cabang sangat luar bi­asa nilai pembelajarannya, para peserta juga san­gat antusias dalam mengikuti mataeri pengenalan Radio Amatir. “Masih melekat dalam ingatan saya ketika mengikuti kegiatan-kegiatan sebagai peserta di Jambore Nasional pertama. Jambore Cabang, tegasnya, benar-benar sangat bermanfaat dalam upaya pembentu­kan karakter penggalang sebagai generasi muda penerus bangsa.

(Rifky Setiadi)