Untitled-7BOGOR, TODAY – Trend kawat gigi atau behel sudah tidak asing lagi bagi kita. Benda yang satu ini dikenal sebagai alat terapi gigi yang modern. Perawatan gigi memang sangat dianjurkan pada masyarakat sebagai kontrol kesehatan giginya. Termasuk perawatan gigi dengan menggunakan teknik behel atau kawat gigi memang sangat populer. Terutama bagi mereka yang merasa bentuk giginya tidak rata. Tapi tidak sedikit pula penggunaan kawat gigi ini diartikan sebagai tren fashion yang bisa dilakukan semua orang.

Pengguna behel atau bracket gigi harus ada indikasi gangguan pada gigi. Indikasi artinya terjadi ketidakseimbangan atau ketidakteraturan susunan gigi. Baik itu susunan gigi atas dengan bawah, atau juga ketidakseimbangan pada wajah. Jadi memang pemakaian pada behel ini ada tiga segi tujuan yang ingin dicapai. Pertama, dari segi kesehatannya, kedua dari segi fungsional, ketiga dari segi estetikanya.

Baca Juga :  Simak Ini! Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui

Ketika terjadi ketidak seimbangan gigi dalam menggigit benda, akan menimbulkan trauma pada pendukung gigi, maka bisa timbul masalah gusi. Dari fakta masalah kesehatan inilah maka diambil tindakan untuk melakukan perawatan dengan behel gigi. Segi fungsional bisa dijelaskan bahwa salah satu fungsi gigi adalah untuk membantu proses pencernaan secara mekanik. Jika kondisi gigi berjejal dan tidak seimbang, maka akan memengaruhi kualitas gigitan. Jika kualitas gigitan jelek, tentu akan memengaruhi proses mengunyah makanan. Ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sebab makanan yang tidak baik kualitas kunyahannya akan mengganggu kinerja lambung.

Baca Juga :  Inilah Jenis Yoghurt yang Baik untuk Diabetes, Simak Ini

Berikutnya karena berkaitan dengan keseimbangan wajah, makan tujuan terakhir ini dikaitkan dengan fungsi estetikanya. Jadi susunan keseimbangan gigi yang rata dan rapi akan memengaruhi keindahan bentuk wajah.

Sayangnya, anggapan yang muncul pada masyarakat awam justru penggunaan behel tersebut sebagai modis, bukan berorientasi pada hasil setelah menggunakan behel gigi. Belum lagi ditambahkan karena tampilan behel gigi dengat karet yang berwarna-warni, justru orang awam melihat fungsi estetiknya dari tampilan kawat gigi ini. Padahal jika ditelusur, karet gigi justru tidak banyak berfungsi pada proses perawatan gigi menggunakan behel gigi. Karet berwarna-warni pada behel gigi, berfungsi sebagai penyangga. Jika tidak melakukan kontrol dengan baik, karet pada behel justru akan memengaruhi warna gigi.

(Rifky Setiadi)