058542100_1433857331-20150609AB_IndonesiaU23_vs_Filipina_U23_01SINGAPURA, Today – Indonesia U-23 tampil dominan ketika meng­hadapi Filipina U-23 pada pertand­ingan ketiga di SEA Games 2015, di Stadion Jalan Besar, Singapura, Se­lasa (9/6/2015). Evan Dimas menjadi pahlawan Timnas U-23 dengan gol­nya pada menit ke-3 dan 13

Sama seperti ketika menghadapi Kamboja akhir pekan lalu di mana In­donesia menang 6-1 Indonesia tampil dominan sejak awal. Evan Dimas dan Paulo Sitanggang masih menjadi ini­siator serangan ‘Garuda Muda’ pada laga melawan Filipina kali ini.

Tekanan sejak awal itu membuat Indonesia unggul cepat. Baru empat menit pertandingan berjalan, Evan su­dah membawa Indonesia unggul 1-0.

Sebuah serangan cepat dilaku­kan oleh Indonesia. Operan panjang yang dilepaskan dari garis tengah lapangan diterima oleh Evan yang menusuk masuk dari lini kedua.

Dengan cepat, Evan membawa bola masuk ke dalam kotak penalti. Meski dikawal ketat oleh beberapa pemain Filipina, Evan masih bisa me­lepaskan sepakan yang lantas mem­bobol gawang Filipina.

Unggul satu gol, Indonesia kian meningkatkan tekanan. Pada menit ke-10, giliran Paulo yang mendapat­kan peluang. Sial baginya, tendan­gannya masih melambung di atas mistar gawang.

Tiga menit berselang, Indonesia mengungguli Filipina 2-0. Lagi-lagi Evan yang menjadi pendulang golnya.

Kali ini, Evan berdiri di posisi yang tepat. Tusukan yang dilakukan Paulo dari kiri diakhiri oleh sebuah operan datar ke depan gawang Filipi­na. Evan, yang sudah berdiri di sana, langsung menyambarnya dengan sepakan first-time.

Indonesia mendapatkan sejum­lah peluang lagi di babak pertama. Namun, penyelesaian akhir yang kurang baik membuat mereka gagal menambah gol.

Noviandani setidaknya punya dua peluang bagus di babak pertama. Hanya saja, dua kali peluang yang dia dapatkan gagal diselesaikan den­gan baik.

Salah satu tendangannya tepat di depan gawang Filipina masih bisa ditangkap penjaga gawang Florencio Badelic.

Di babak kedua, Indonesia masih tampil dominan. Namun, Filipina beberapa kali bisa mencuri peluang. Beberapa kali Filipina mencoba me­lepaskan sepakan dari luar kotak penalti, namun tidak ada satu pun yang tepat sasaran.

Di sisi gawang yang berbeda, In­donesia juga gagal memaksimalkan sejumlah peluang, meski Evan dkk. sukses menusuk masuk ke dalam ko­tak penalti.

Sampai peluit panjang dibun­yikan, skor 2-0 tetap tidak berubah. Indonesia naik ke posisi kedua klase­men Grup A dengan nilai 6, terting­gal tiga angka di belakang Myanmar yang memuncaki klasemen. Semen­tara Filipina ada di urutan kelima alias terbawah.

Selanjutnya, Indonesia akan meng­hadapi tuan rumah Singapura pada 11 Juni mendatang. Saat ini, Singapura ada di posisi ketiga dengan koleksi ni­lai yang sama dengan Indonesia.

Pelatih Indonesia, Aji Santoso, mengungkapkan kemenangan ini merupakan hasil kerja keras teman-reman di lapangan. “Dari awal kami tidak meremehkan lawan, tapi tetap fokus dan konsentrasi untuk menak­lukan lawan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, timnya dari awal sudah langsung melakukan ge­brakan serta menyerang dan hasil­nya cukup memuaskan.

(Imam/net)