Untitled-5Setiap mendesain atau merenovasi rumah, kamar mandi adalah ruang terpenting untuk ditata. Dalam pelaksanaan renovasi rumah, memang tidak hanya ruang tamu, dapur dan bagian-bagian ruangan lain yang nampak oleh tamu. Akan tetapi kamar mandi pun penting untuk didesain.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Pembuatan desain kamar mandi mod­ern yang mewah menjadi idaman bagi setiap pemilik rumah. Ka­rena hal itu menambah ke­san menarik dan berkelas. Memiliki kamar mandi yang mewah merupakan kebang­gaan tersendiri bagi sang pe­milik rumah.

Namun, ketika melihatnya, Anda pasti berpikir butuh biaya besar untuk mereal­isasikannya. Padahal, tak perlu demikian. Berikut ini, ada tiga cara murah dan mudah bisa digunakan un­tuk mempercantik tampi­lan kamar mandi Anda.

1. Gunakan kaca berasap

Kaca berasap ini biasanya satu paket dengan show­er. Kaca berasap menyeim­bangkan antara privasi ketika mandi melalui kecanggihan­nya dengan keterbukaan visu­al. Selain itu kaca berasap tak lebih mahal jika dibanding­kan kaca bening. Hanya, ada baiknya, penempatan lampu di depan kaca untuk mem­buat efek hangat dan sinar keseluruhan.

Baca Juga :  Pentingnya Miliki Asuransi Properti, Ini 3 Cara Tepat Memilihnya

2. Lakukan trik keramik

Memindahkan keramik dari lantai ke langit-langit kamar mandi merupakan hal pent­ing untuk membuat sebuah ruang tradisional atau mod­ern menjadi terasa mewah. Untuk membuat kesan tersebut, jangan letakkan keramik di seluruh ruangan kamar mandi. Tetapi, Anda cukup meletakkannya di satu atau dua dinding dari atas ke bawah kamar man­di. Selain itu, gunakan juga keramik dengan corak sama antara lantai dan dinding.

3. Manfaatkan kekuatan kaca

Sebuah kaca besar memi­liki kekuatan yang juga be­sar. Kaca jenis ini juga akan menghilangkan biaya kera­mik yang ditempel di dind­ing. Secara tak langsung kaca tersebut juga akan membuat kamar mandi Anda dua kali lebih luas dan memberikan efek serasa berada di sebuah oasis pribadi yang luas.

4. Efek luas

Untuk kamar mandi 1,5 m x 1,5 m misalnya, bisa terasa lebih luas dengan olahan pola pemasangan keramik. Hal itu sangat memung­kinkan, karena permainan visual, yang membuat mata seolah melihat ’komposisi di balik komposisi’ ada pada pola pemasangan keramik. Permainan visual ini mem­buat efek “dalam” pada se­buah bidang.

Baca Juga :  Rekomendasi Membeli Rumah di Lokasi Strategis

Pola pemasangan keramik pada umumnya dengan pola grid, atau kotak-kotak. Pola ini menguatkan bentuk kotak itu sendiri. Namun, jika pola grid itu dimainkan lagi, misal­kan membagi pola grid pada dinding menjadi tiga bagian atas tengah dan bawah, maka dinding terlihat lebih luas.

Anda bisa mencoba mem­bagi keramik menjadi tiga bagian, yaitu keramik bagian bawah, tengah, dan atas. Den­gan demikian, dinding secara tak langsung akan terlihat menjadi lebih luas.

Sementara itu, pada lan­tainya, pola grid yang dipa­sang diagonal menjadi pola yang membuat lantai terasa lebih lega. Pola diagonal seolah menghilangkan efek garis pada sisi bidang lantai yang menguatkan batasan dimensi. Efek garis-garis di­agonal pada lantai menjadi solusi simpel memperluas kamar mandi 1,5 m x1,5 m.

(KPS)