MotoGP-2015-Sepang2-Test-Jorge-Lorenzo-3KATALUNYA, Today - Duo Mo­vistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi menguasai Sirkuit Katalunya yang nota­bene tempat digelarnya serie ketujuh MotoGP musim 2015.

X- Fuera julukan Lorenzo berhasil menjadi yang terbaik usai melahap 25 lap dengan waktu 42 menit 53,208 detik.

Kemenangan ini semakin menunjukkan bahwa rider berusia 28 tahun berpeluang besar merebut gelar juara keti­ganya di MotoGP 2015. Lorenzo meraih empat kemenangan beruntun sepanjang musim ini.

Sementara itu, The Doctor harus puas berada di tangga kedua dengan perbedaan waktu 0,885 detik dari rekan setimnya tersebut. Pembalap Tim Repsol Honda, Dani Pedro­sa, melengkapi podium dengan finis di posisi ketiga.

Hasil itu merupakan po­dium pertama bagi Little Span­iard julukan Pedrosa di musim ini setelah sempat mengalami cedera arm pump. Sementara Hasil tragis mesti dialami peraih pole position, Aleix Espargaro.

Ia terjatuh di lap ke-21 dan gagal melanjutkan balapan. Hal yang sama juga dialami dua pembalap elit, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso yang ter­jatuh di awal-awal race.

Dengan hasil ini, Rossi be­lum tergeser dari posisi puncak dengan raihan 138 poin. diikuti Lorenzo yang hanya beselisih satu angka dari dirinya. Se­mentara posisi tiga masih diisi Dovizioso dengan poin 94.

Dengan performa merata pada rider papan atas semi­sal Rossi, Lorenzo, Mrquez, dan pembalap-pembalap Ducati dan Suzuki, sebelas seri tersisa masih akan ramai. Persaingan menjadi juara musim ini juga bakal sengit.

Meski memiliki peluang besar, Lorenzo tetap melihat Rossi sebagai favorit pemenang di seri ini. Rossi menjadi pem­balap yang banyak meraih ke­menangan di GP Catalunya. Memang belum pernah meraih pole position tapi sudah meraih dua kemenangan di Qatar dan Argentina.

“Valentino adalah pembalap yang sulit ditebak. Tidak begitu banyak posisi pole yang didapat, namun jika membandingkan dengan berapa banyak ke­menangan dia mungkin itu ses­uatu yang mengesankan,” kata Lorenzo, seperti dilansir Crash.

Sementara itu, Marc Mar­quez harus mengalami nasib kurang baik pada gelaran bala­pan MotoGP Catalunya, Minggu 14 Juni 2015. Pembalap Repsol- Honda itu harus terjatuh di lap awal pada seri ketujuh ini.

Dalam balapan yang ber­langsung di Catalunya-Barcelo­na, Marquez sebenarnya men­gawali jalan dengan cukup baik.

Dia berhasil menyodok po­sisi kedua sejak lampu hijau din­yalakan, dan terus membuntuti Jorge Lorenzo yang memimpin balapan.

Sial bagi sang juara bertah­an saat memasuki lap ketiga, dia gagal menikung dengan baik hingga akhirnya terjatuh karena bodi motornya saat akan me­nyalip Lorenzo yang berada di depannya.

Dengan begini, dia bertah­an harus mengalami kesialan GP Italia yang juga gagal dalam menikung.

“Kadang-kadang ini bisa ter­jadi, lebih ketika Anda berada di ujaung batas. Kami bisa men­jadi cepat tetapi ketika kita me­miliki masalah kecil itu mem­buat gugup. Saya hampir jatuh dan menyentuh Lorenzo. Saya kecewa, karena kami seharus­nya bisa meraih podium,” kata Marquez.

Ini menjadi yang ketiga ka­linya Marquez gagal finis dari tujuh seri yang sudah berlang­sung, sebelumnya ada di GP Argentina dan Italia. Sejauh ini, pembalap asal Spanyol tersebut baru mengumpulkan 69 poin.

(Imam/net)