HL-(2)PT Pegadaian (Persero) memperkirakan transaksi mereka di bulan puasa tahun ini tetap akan mengalami peningkatan. Meski kenaikan nilai pembiayaannya di ramal tak akan setinggi tahun-tahun sebelumnya

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Direktur Bisnis I Pega­daian, Harianto Widodo memprediksi pada bulan Ramadan di tahun ini kenaikan nilai pem­biayaan kemungkinan tidak terlalu besar. “Kita perkirakan meningkatnya hanya sekitar tiga persen sampai empat pers­en,” kata Harianto, akhir pekan lalu.

Baca Juga :  Sopir Taksi Cabuli Bocah Perempuan di Kebayoran Lama

Salah satu alasannya adalah pertumbuhan ekonomi pada tahun ini masih mengalami perlambatan. Dus, kegiatan ekonomi masyarakat pun sep­ertinya tak akan seramai tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, toh ia tetap yakin masyarakat yang mem­butuhkan dana demi kegia­tan usaha musiman di bulan Ramadan ini tetap akan pergi ke Pegadaian. Pasalnya hal ini sesuai dengan karakter bis­nis mereka yang menawarkan dana jangka pendek.

Optimisme ini pun dis­ebutnya sudah terasa di awal bulan ini. “Selama awal Juni pembiayaan kita sudah naik Rp 100 miliar. Kita lihat nanti sam­pai akhir bulan ini seperti apa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mengenal Tradisi Ruwatan Rambut Gimbal Masyarakat Dieng

Di momen bulan puasa ke­butuhan dana di masyarakat memang biasanya meningkat. Dimana pencarian dana bi­asanya dilakukan masyarakat mendekati atau di awal bulan Ramadan untuk kebutuhan us­aha. Lalu menjelang hari raya, masyarakat mulai menebus ga­dai mereka.