alfian mujaniIni nama jalan be­bas hambatan yang membentang antara Cikopo, Cikampek hingga Palimanan, Cirebon. Panjang ruas jalan yang dir­esmikan Presiden Joko Widodo, Sabtu (13/6/2015) malam itu 116,7 kilometer. Ini merupakan ruas tol terpanjang saat ini di Indonesia. Hingga tanggal 2 Juni nanti, para pengemudi mobil pribadi dan bus kecil masih bisa menikmati jalan ini secara gratis.

Dibukanya ruas Tol Cikapali jelas meru­pakan solusi jitu mengurai kemacetan akut di Jalur Pantura. Selain itu, ruas tol ini juga memicu terjadinya efisiensi biaya dan waktu tempuh yang harus dikeluarkan oleh para pengendara mobil. Dari sisi jarak, tol Cikapali telah memangkas 40 kilometer dari jalur kon­vensional yang selama ini digunakan. Dari sisi wak tu pun, seorang pelancong hanya mem­butuhkan 45 menit dari Cikampek sampai Cirebon.

Selain mengatasi kemacetan jalur Pantu­ra, Tol Cikapali juga akan mendorong mun­culnya pusat-pusat pertumbuhan baru di kawasan pinggiran yang membentang dari Cikopo, Subang, Majalengka hingga Pali­manan. Penduduk sekitar jalan ini, sebentar lagi akan mulai menikmati dampak positifnya.