HL---Adil-(2)Menjaring talenta pejudo muda, Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kota Bogor menggelar kejuaraan sirkuit pelajar

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Menyusul kesuksesan dua atlet andalan­nya menyabet medali emas dan perunggu di ajang Sea Games, PJSI Kota Bogor menggelar kejuaraan sirkuit pelajar untuk menjaring atlen­ta muda meneruskan estafet pembi­naan atlet usia dini.

Kejuaraan yang digelar di Hall In­door B Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, Minggu (14/6/2015) terse­but diikuti oleh 183 pejudo se-Jawa Barat ( Jabar). Selain sebagai ajang adu ketangkasan, kejuaraan tersebut juga sebagai persiapan merebut juara umum di ajang Pekan Olahraga Dae­rah (Porda) Jabar XIII/2018 di Kabu­paten Bogor.

Ketua PJSI Kota Bogor, An An Andri Hikmat mengatakan bahwa agenda kejuaraan ini sekaligus ajang penyeleksian para atlet judo junior dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum. Juga sekaligus se­bagai sarana mempromosikan Judo kepada masyarakat luas.

Baca Juga :  Bupati Iwan Sambut Baik Rencana Stadion Pakansari Jadi Home Base Rans Nusantara FC

“Ajang Kejurda Judo ini merupak­an upaya promosi serta penyeleksian atlet-atlet junior serta langkah pasti menunjukan prestasi judo Jawa Barat menuju sukses Jabar kahiji pada PON 2016 mendatang,” katanya.

Kejuaran tingkat pelajar ini dilaku­kan secara berkala, dengan tujuan menambah jam terbang para atlet judo junior untuk terus mendapatkan berbagai prestasi. “PJSI Kota Bogor memang rutin mengirimkan serta menggelar kejuaraan. Kami juga tidak menargetkan atlet junior untuk bisa menyabet gelar juara, atau medali. Namun lebih kepada menambah jam terbang kepada para atlet,” lanjutnya.

Pelatih Judo Kota Bogor, Yudi Wa­hyudi mengatakan PJSI Kota Bogor menurunkan 40 pejudo juniornya dalam kejuaraan sirkuit pelajar terse­but. “Mereka memang tengah kita siapkan untuk meneruskan prestasi yang selama ini sudah ditorehkan oleh para atlet senior,” katanya.

Baca Juga :  Gelorakan Masyarakat Berolahraga Melalui Kegiatan Fun Bike 

Kemenangan Horas mengemba­likan kejayaannya pada SEA Games di Palembang pada 2011. Gelar juara yang diraihnya kala itu tak bisa dipertahankan pada SEA Games 2013 di Myanmar. Ia kalah dari Zin Linn Aung, at­let tuan rumah. Horas lantas merasa perjuangan kami tidak sia-sia.

Horas mendapatkan nilai tinggi lantaran berhasil melakukan sekali ippon atau satu angka, dua kali waza ari atau setengah angka, serta yuko atau tambahan. Adapun Yang tak menghasilkan satu poin pun. Malah­an dia dikenai semprit shido lantaran dianggap melakukan pelanggaran.

Judo menjadi penyumbang ter­besar emas untuk Merah Putih. Sebel­umnya tiga emas juga diraih oleh olahraga bela diri tersebut. Indo­nesia kini bertengger di klasemen ke empat peraih medali di SEA Games Singapura. Indonesia mengoleksi 12 medali emas, 11 perak, dan 16 per­unggu. (*)