IMG_1208”TAPI saya mendengar ada pihak-pihak yang tidak setuju turnamen ini dilaksanakan sebelum Ramadhan, karena khawatir kehilangan muka, kehilangan pres­tis. Bagi saya, turnamen liga harus segera jalan,” tegas Menpora

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Piala Kemerdekaan yang menjadi salah satu turnamen bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dipastikan bakal mulai dige­lar pada 2 Agustus 2015 men­datang. Hal tersebut ditegas­kan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi.

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan beberapa calon operator. Silakan siap­kan itu sebisa mungkin, 2 Agustus 2015 harus segera kick off,” tandas Imam Nahrawi di Bandung belum lama ini.

“Jadi jangan nakut-nakuti operator dan klub untuk tidak ikut kompetisi. Saya menden­gar itu semua. Harus kita ingat bahwa masih banyak klub dae­rah yang butuh sentuhan kita. Saya kira suporter layak diberi kesempatan untuk menyaksi­kan klub kesayangan mereka,” ujarnya.

Baca Juga :  Sukses Selenggarakan Rekor Muri Juggling Bola Terbanyak, Plt Bupati Bogor Apresiasi Kinerja Dispora

Kemenpora bersama Tim Transisi memang memper­siapkan beberapa turnamen, seperti Piala Presiden (akan diikuti 12 klub Indonesia Su­per League atau ISL), Piala Ke­merdekaan (diikuti klub Divisi utama), dan Piala Panglima TNI (gabungan tim ISL dan Di­visi Utama).

Turnamen atau liga bentu­kan Kemenpora ini dimaksud­kan untuk mengisi kekoson­gan waktu setelah kompetisi ISL 2015 dihentikan oleh PSSI yang menganggap situasi sepakbola nasional saat ini se­dang sangat tidak kondusif.

Baca Juga :  Wow! Capai Rp 6 Miliar Perputaran Uang Gelaran Danau Toba Rally 2022

Kemenpora sendiri masih terus mencari operator untuk mengelola turnamen bentu­kannya setelah PT Liga Indo­nesia, yang selama ini mengu­rusi kompetisi PSSI, menolak. PT Liga Indonesia bersikukuh tetap akan berada di bawah naungan PSSI yang saat ini telah dibekukan oleh Menpora.

Sementara itu, Persatuan Sepakbola Indonesia Kabu­paten Bogor (Persikabo) ten­gah memfokuskan diri meny­iapkan para pemain juniornya untuk berlaga di kompetisi Hizbul Wathon yang digelar di Pekalongan, Jawa Tengah. ”Saat ini kita dalam proses seleksi pemain dan menunggu technical meeting yang akan dimulai dalam waktu dekat,” ujar Pelatih Persikabo, Abdush Sobur.