3043682-poster-p-2-microsofts-siri-competitor-cortana-headed-to-ios-and-androidasTak lama lagi, pengguna ponsel Android akan bisa mencoba aplikasi asisten pribadi Cortana tanpa harus menggunakan Windows Phone

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Aplikasi berbasis suara tersebut rencananya akan dirilis dalam versi beta pada Juli 2015 men­datang. Selama ini, Cortana dimiliki oleh ponsel Windows Phone yang berjalan di platform Windows.

Cortana untuk Android akan sangat berbeda dibandingkan dengan versi Windows 8.1 dan 10. Microsoft menga­takan versi Android tidak akan men­dapatkan seluruh fiturnya, melainkan hanya berfungsi sebagai aplikasi pen­damping.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Nanas Khas Thailand

Pengguna ponsel Android dapat memakai Cortana untuk mensinkro­nkan informasi antara PC Windows 10 dengan berbagai patform lainnya. Contohnya dalam hal mengatur alarm pengingat.

“Menggunakan ponsel Android, Anda bisa meminta Cortana mengatur pengingat untuk membawa anjing Anda berjalan-jalan pada pukul 8.00 malam. Kemudian saat Anda sedang menonton film menggunakan Xbox, Cortana akan menghentikan film dan memunculkan pengingat yang sudah dipasang sebe­lumnya,” tulis Program Manager Cor­tana Marcus Ash, seperti dilansir dari blog resmi Windows, Rabu (17/6/2015).

Baca Juga :  Surat Kuasa Dicabut, Mantan Pengacara Bharada E Minta Jasa Rp15 Triliun

Selain membuat pengingat waktu, pengguna Cortana untuk Android tetap bisa menggunakannya untuk mencari jawaban dari pertanyaan tertentu. Contohnya mencari tahu soal prediksi cuaca.

Dalam blog yang sama, Ash juga menyebutkan bahwa Xbox juga akan kebagian Cortana. Gamer bisa memer­intahkan aplikasi asisten pribadi itu menggunakan suara, misalnya untuk mencari permainan tertentu, mencari lawan tanding atau kawan baru via Xbox Live.