Untitled-6Seolah berlomba-lomba menyediakan layanan tele­komunikasi terbaiknya, giliran PT XL Axiata Tbk (XL) menamncapkan 170 unit BTS di sepanjang tol Cikopo – Cikam­pek – Palimanan (Cikapali). Sebel­umnya, Telkomsel memasang 100 BTS di kawasan serupa.

Direktur dan Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan, mengatakan, ke­beradaan jalan tol Cikapali sangat strategis bagi lalu-lintas orang dan barang di Pulau Jawa. Jalan ini akan menjadi pilihan utama siapa saja yang akan melintasi Pantura.

“Karena itu, XL juga mem­prioritaskan pemasangan infra­struktur jaringan yang memadai di sepanjang jalan bebas ini, dan puluhan BTS sudah bisa melay­ani pelanggan sejak pertama kali jalan ini dibuka untuk dilintasi. Selain itu, XL juga telah menem­patkan BTS di sepanjang jalan tol Gempol – Pandaan, Jawa Timur” ungkap Ongki kepada BOGOR TO­DAY dalam keterangan resminya.

Ongki menambahkan, rata-rata kualitas jaringan di sepan­jang tol sejauh 116,7 km yang baru saja diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo itu cukup baik. Sekitar 50 persen telah terlayani oleh jaringan 3G. Sementara itu ruas jalur yang ti­dak mendapatkan layanan 3G, terlayani oleh jaringan 2G dengan kualitas yang baik. Ke depan, XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan di sana.

Baca Juga :  Ada Banyak Hadiah di Gebyar 12.12, Tirta Pakuan Kejar 10 Ribu Pemasangan Baru

Guna mengantisipasi lon­jakan trafik saat musim pulang kampung menjelang Lebaran, XL sudah menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya adalah menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali. Selain itu, juga ada tambahan sedikitnya 22 BTS 3G yang akan siap melayani pelang­gan sebelum musim mudik Leba­ran.

Selain di Cipali, XL juga sudah menempatkan infrastruktur jar­ingan di sepanjang jalan tol baru lainnya, yaitu Tol Gempol – Pan­daan di Jawa Timur. Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6 km tersebut, XL menempatkan sedikitnya 18 BTS untuk memas­tikan layanan XL mampu terak­ses bagi pelintas dan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jalan ini akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya – Malang, yang selama ini dikenal dengan raw­an macetnya.

Baca Juga :  Brand Jewelry Pertama di Indonesia The Palace Jeweler Jadi Mitra Kemenparekraf Surabaya

Untuk mengantisipasi lon­jakan trafik di sejumlah jalur utama mudik jelang Idul Fitri tahun ini, XL telah memper­siapkan secara maksimal jarin­gannya, baik di Jawa maupun di pulau-pulau utama lainnya, antara lain dengan menguji kes­iapannya. Uji jaringan atau net­work drive test lazim dilakukan oleh operator telekomunikasi untuk mengetahui kekuatan sinyal, kualitas jaringan, dan kualitas layanan di suatu tem­pat. Sesuai standar, alat yang dipergunakan adalah alat ukur (TEMS) dan Tools – komputer (Map Info).Teknis melakukan uji jaringan bisa menggunakan kendaraan yang bergerak, baik bus atau pun kereta api. XL sendiri melakukan uji jaringan seperti ini secara berkala di se­luruh wilayah layanan.

XL telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepan­jang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (4G/3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

(Apriyadi Hidayat)