persib_umuh_ngagogo__8090aa7BANDUNG, Today – Menyambut datangnya bulan Ramadan, Manajer Persib Umuh Muchtar dan tim serta warga Kampung Ciluluk, Tanjungsa­ri, Kabupaten Sumedang mengge­lar acara “ngagogo” atau menang­kap ikan dengan tangan kosong.

Ratusan warga setempat, pemain, pelatih dan juga sang manajer ikut terjun ke kolam seluas sekitar 2.000 meret persegi.

Sebanyak lima kuintal ikan pun menjadi buruan peserta “ngagogoo” dari mulai anak kecil, orang tua laki-laki dan perempuan, tidak terkecu­ali tim Persib. Jajang Sukmara pun menjadi salah satu peserta yang pal­ing banyak mendapatkan ikan.

“Ini rutin digelar untuk me­nyambut puasa, munggahan. Saya bersyukur semua antusias,” kata Umuh di lokasi acara.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Menurutnya, acara “ngagogo” ini biasanya diadakan saat peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Hanya saja, masyarakat menjadikan kegiatan dilakukan saat menghadapi bulan puasa, hal itu pun kembali dilakukan tahun ini.

“Tahun ini berbeda dengan se­belumnya. Biasanya acara ini dia­dakan saat 17 Agustus, tapi banyak masyarakat meminta untuk digelar saat menghadapi puasa, mungkin bekal munggahan. Tapi yang pasti acara tadi sukses dan semua baha­gia menyambut puasa,” ungkapnya

Umuh mengatakan, kekosongan agenda pemain akibat vakumnya sepak bola Indonesia membuatnya berinisiatif untuk banyak menjad­walkan pertemuan dengan skuat Maung Bandung. Seperti pada aca­ra ini, sekaligus dalam rangka me­nyambut bulan Ramadan.

Baca Juga :  NPCI Dukung Atlet Paralympic Raih Juara Umum pada Paperda VI Jabar

“Situasi begini kita hanya undang pemain yang ada di Bandung. Kita kasih tahu ngumpul sambil silatur­ahmi karena sambil menyambut bu­lan Puasa, dan sambil maaf-maafan. Jadi saya kepikiran, yaa sudah ajak pemain dan wartawan sekalian ‘nga­gogo lauk’ satu kuintal,” ucap Umuh.

Dalam kesempatan tersebut, para pemain, pelatih dan ofisial tim tampak anstusias mencari ikan menyusuri ke setiap sudut kolam berukuran sekitar 40×15 meter.

Satu persatu, para pemain pun mulai mengangkat ikan dari kolam dimulai dari Tantan, Jajang Sukmara, hingga seluruhnya mulai menyergap ikan mas dan mujair.

(Imam/net)