Persikabo-(2)TIM Transisi membeberkan kapan kick-off Piala Kemerdekaan yang mereka gagas bakal digelar. Rencananya, Piala Kemerdekaan mulai digulirkan usai lebaran, 24 Juli 2015

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Ketua Pokja Kompetisi Tim Transi­si, Tommy Kurniawan, menjelas­kan Piala Kemerdekaan akan diikuti oleh 30 klub yang ber­asal dari Divisi Utama. Nantinya, akan ada lima wilayah yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Artinya, format Piala Kemerdekaan adalah home tournament.

Lima wilayah yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Sumatera (Lampung atau Medan), Serang, Banten, Bangkalan, dan Bali. Keputusan ini diambil dalam rapat Tim Transisi yang digelar di kantor Kemenpora, Rabu (17/6/2015). “Pekan-pekan ini surat pemberitahuan klub akan kami sebar. Semifinal bakal digelar 12 Agus­tus 2015 dan tiga hari setelahnya final,” ucap Tommy kepada para wartawan.

Baca Juga :  Tahun Ini Akan Ada Dua GOR yang Akan Berdiri di Kota Bogor Sebagai Janji Kampanye Wali Kota

Selain menentukan format Piala Ke­merdekaan, Tim Transisi juga memastikan sudah berkoordinasi dengan perangkat pertandingan yang akan bertugas. Salah satu anggota Tim Transisi, Saut Sirait, mengklaim wasit-wasit yang berasal dari AWAPI bersedia memimpin laga-laga di Piala Kemerdekaan.

Tapi, terkait jumlahnya, Saut belum bisa membocorkannya. “Nanti sepekan sebelum Piala Kemerdekaan ada penyegaran selama tiga hari. Intinya, tak ada masalah. Malah, mereka mengajukan ada 20 wasit dari Ang­katan (TNI) yang ditugaskan,” kata Saut.

Terkait operator, sampai sekarang ma­sih belum ditentukan. Saut menjelaskan Tim Transisi berencana menggelar open bidding usai menggelar Rapat Kerja (Rak­er) pada Sabtu hingga Minggu pekan ini.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Pokja Komunikasi Tim Transisi, Zuhairi Misrawi menambahkan, empat re­gional tersebut diantaranya Sumatera (Lampung atau Medan), Jawa Barat/Banten (Serang), Jawa Timur (Bang­kalan/Madura), dan Jawa Tengah (Solo). “Gelaran Piala Kemerdekaan terbagi menjadi 4 zona yaitu Jabar di Serang, Jatim di Bangkalan/Madu­ra, Jateng di Solo, Sumatera antara di Medan dan Lampung,” ujarnya.

Zuhairi menilai pembagian tempat tersebut berdasar­kan stadion yang layak digunakan untuk mengge­lar pertandingan. “Contohnya Stadi­on Gelora Bangka­lan di Madura itu rumputnya bagus jadi pemilihan­nya sudah di ukur terlebih dahulu,” tambahnya.

Disebutnya, partai semifinal akan berlangsung pada 12 Agustus dan final pada 15 Agus­tus. Penyerahan Piala Kemerdekaan juga akan diberikan langsung oleh Pres­iden Republik Indo­nesia Joko Widodo pada 17 Agustus.