20150609-HYUNDAI-CRETA-02asHyundai bakal meluncurkan produk baru di kelas SUV Crossover berukuran kompak. Mengusung kode Creta, baby SUV ini bakal menjadi pengganggu Honda HR-V dan Nissan Juke

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Hyundai mengon­firmasi kehadiran ”baby SUV” Creta untuk bersaing di segmen crossover berukuran compact. Model global merek Korea Selatan ini dipastikan mel­akukan world premiere di India pada 21 Juli 2015 mendatang.

Inilah SUV kecil yang akan berjibaku di segmen yang se­dang naik daun. Di kelasnya, sudah ada nama-nama tenar seperti Honda HR-V, Nissan Juke, Ford Ecosport, atau si pendatang baru Mazda CX-3.

Hyundai Creta kemungki­nan besar dibekali mesin 1.600 cc bensin sebagai penggerak utama. Mesin diesel akan men­dampingi sebagai pilihan lain yang lebih irit dan bertenaga. Transmisi manual dan otomatis bisa dipilih sesuai kebutuhan, atau bisa juga muncul tipe AWD.

Mobil ini dibangun atas in­spirasi dari Hyundai ix25 yang sudah dipasarkan hanya di China. Produksi perdana akan dilakukan pabrik Hyundai di Chennai, India, mulai 20 Juni 2015. Dikabarkan, model ini juga akan menggelinding di pasar lain seperti Afrika Sela­tan, Eropa, Australia, dan ten­tunya Asia Tenggara.