Aplikasi-Android-akan-Hadir-di-BlackBerryasRumor yang menyebut BlackBerry bakal membuat smartphone berbasis sistem operasi Android kian santer

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Jika sebelumnya smartphone An­droid BlackBerry dikabarkan Reu­ters akan dirilis pada akhir 2015, maka rumor terbaru me­nyebutnya bakal di­rilis lebih cepat dari perkiraan.

Situs N4BB mengata­kan bahwa perangkat Android BlackBerry dengan nama sandi Prague bakal dirilis pada bulan Agustus mendatang. Smartphone tersebut ditujukan bagi kelas low-end dengan spesi­fikasi rendah. “Prague akan menkadi smartphone (Android) low-end BlackBer­ry dengan bentuk menyeru­pai Z3,” demikian tulis N4BB, Jumat (19/6/2015).

Baca Juga :  Resep Gulai Kepala Kakap Asli Padang

Selain itu, N4BB juga menyebut varian Android BlackBerry lain dengan nama sandi Venice yang ka­barnya bakal diluncurkan pada November mendatang. Berbeda dari Prague, Venice lebih ditujukan untuk kelas menengah dengan spesifi­kasi layar lengkung 5,4 inci resolusi Quad HD, dan pros­esor enam core Snapdragon 808.

Ponsel BlackBerry saat ini menjalankan runtime An­droid 4.3 yang memungkin­kan penggunanya menjalan­kan aplikasi robot hijau itu di atas sistem operasi Black­Berry 10. Namun hal tersebut membatasi penggunanya dari akses toko aplikasi Google Play Store, sehingga dukun­gan aplikasi yang dipasang hanya sedikit.

Baca Juga :  8.500 Batang Rokok Ilegal Beredar di Majalengka Disita Petugas

Baik pihak BlackBerry maupun Google masih bung­kam ihwal rumor BlackBerry menggunakan platform An­droid ini. “Kami tidak berko­mentar terhadap rumor dan spekulasi, tetapi kami akan tetap berkomitmen kepada sistem operasi BlackBerry 10, menghadirkan keuntungan keamanan dan produktivitas yang tidak tertandingi,” tulis juru bicara BlackBerry.