Untitled-16Presiden Joko Widodo melaunching akun twitter resminya se­bagai Presiden Republik In­donesia tepat di hari ulang tahunnya yang ke-54. Dia lahir di Solo pada 21 Juni 1961. Menu­rut anggota Tim Komuni­kasi Presiden, Teten Mas­duki, presiden aktif kembali di twitter agar lebih mudah mendapat masukan dari rakyat.

Oleh : (Yuska Apitya Aji)

“KEMBALINYA Presiden Joko Wido­do ke Twitter adalah untuk berkomu­nikasi dan berbagi informasi dengan masyarakat di Indonesia, serta untuk menyampaikan pikiran, kebijakan, kemajuan dari program-program aksi pemerintah dan topik ringan seputar kehidupan Presiden,” kata Teten, Minggu (21/6/2015).

Teten menyebut, kembali aktif di twitter murni kemauan Presiden Jokowi. Kini, rakyat bisa langsung menyampaikan saran kepada presiden melalui akun @jokowi.

“Saya memang sudah cukup lama tidak aktif di Twitter. Di bulan suci Ramad­han ini, saya terinspirasi untuk mulai aktif kembali. Selain untuk menyampaikan ber­bagai kegiatan dan pemikiran untuk bang­sa, saya juga ingin mendapat masukan langsung dari masyarakat mengenai ber­bagai persoalan di lapangan yang mung­kin luput dari perhatian pemerintah,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip Teten.

Baca Juga :  Bahaya Makan Manis yang Perlu Diketahui

Jokowi kini memberi tanda khusus untuk cuitan pribadinya. Presiden meng­gunakan tanda -Jkw di akhir cuitan. Kem­balinya Jokowi ke twitter mendapat samb­utan hangat dari para netizen. Baru 30 menit mencuit, sudah ada lebih dari 500 orang yang merespon cuitan presiden.

Jokowi mencuit melalui akun prib­adinya @jokowi pada Minggu (21/5/2015) sekitar pukul 04.00 WIB. Baru 30 menit mencuit, sudah lebih dari 500 orang yang meretweet. «Alhamdulillah bisa sahur ber­sama keluarga. Selamat berpuasa saudara­ku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden. -Jkw,» tulis Jokowi dalam akun twitternya.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak

Jika dilihat, ada yang berbeda dengan akun twitter Jokowi. Presiden mereset akun pribadinya. Sebelumnya, akun itu bernama @jokowi_dodo dan dipakai Jokowi sejak menjabat sebagai Walikota Solo. Dalam bio­data di twitter, Jokowi sebelumnya hanya menuliskan ‘Pengennya sederhana dalam kesederhanaan’, kini tertulis ‘Akun resmi Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia’.

Semua cuitan Jokowi sebelumnya telah dihapus. Sehingga, cuitan kali ini menjadi cuitan pertama Jokowi sebagai presiden. Pada cuitan sebelumnya, Jokowi tak pernah memberikan tanda pada setiap cuitannya. Kini, presiden menandai cuitan pribadinya dengan tanda -Jkw di belakang cuitan.

Presiden memasang fotonya saat ten­gah mengenakan kemeja putih dan peci hitam sebagai poto profil. Sebagai foto background, Jokowi memasang foto saat sedang memegang mangkuk sambil men­unjuk sesuatu ditemani beberapa anak yang juga mengenakan baju koko dan peci.