maxresdefaultJAKARTA, Today – Empat perenang Indonesia mampu menembus limit B kualifikasi Olimpiade 2016 di SEA Games 2015 Singapura. Demi men­gamankan ke level limit A, I Gede Siman Sudartawa dkk. dijadwalkan sederet uji coba ke luar negeri.

Aflah Fadlan Prawira, Triady Fauzi Siddiq, Glenn Victor Sutanto, dan I Gede Siman Sudartawa ga­gal menyumbangkan emas di SEA Games lalu. Tapi, catatan waktu mereka di nomor masing-masing berhasil memenuhi limit B Olimpi­ade.

Situasi itu belum otomasti mengamankan tiket Olimpiade. Sebab, ada ratusan perenang lain yang juga mampu memenuhi limit B itu. Padalah penyaringan per­enang masih akan terus dilakuka oleh induk organisasi renang dunia (FINA) hingga mendekati Olimpiade tahun depan.

Pelatih tim nasional renang Albert C. Sutanto pun berharap pemerintah lebih serius menyiap­kan para perenang menuju Olimpi­ade. Caranya, dengan menjamin uji coba dan keikutsertaan perenang pada ajang-ajang kualifikasi lancar.

“Limit B ini pernomor beda-beda. Sebagai gambaran perenang yang lolos limit B sedunia ada 900 atlet maka akan ada saringan lagi. Makanya, kami akan kejar lagi un­tuk perenang kami bisa lolos limit A,” kata Albert di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Albert mengatakan perenang-perenang Indonesia punya pelu­ang untuk mengejar limit A asal pembinaannya yang diperbaiki. Pembinaan yang dimaksud adalah perbanyak ujicoba sebanyak-ban­yaknya ke luar negeri.

“Saat ini kalau kami men­datangkan pelatih sekelas Sergio Lopez dengan gaji Rp 4 miliar seta­hun, itu sudah ‘wow’ banget. Tapi di mana tempat latihannya? Saya rasa dia tak mau jika melatih di kolam renang Cikini (lokasi latihan pelatnas,red),” ucap dia.

Menurut dia, saat ini lebih ba­gus mengirimkan atlet ke ajang-ajang uji coba karena bukan hanya kekurangan masalah ilmu saja, tapi fasilitas juga tidak memadai. “Bahkan kalau kami membawa para perenang ke Palembang, ling­kungan tidak mendukung karena anak-anak mudah bosan. Beda jika pelatnas di luar negeri,” lanjut dia.

“Saya ingin sebanyak-ban­yaknya meloloskan perenang. Olim­piade 2000 Sydney Indonesia melo­loskan tujuh atlet (enam putra dan satu putri),” harap dia.

(Imam/net)