skatpark-(3)OLAHRAGA merupakan salah satu cara untuk mem­buat tubuh tetap fit dan sehat. Tapi banyak orang yang suka meninggalkan olahraga ketika berpuasa.

Wajar saja, sebab ketika berolahraga akan cepat haus sedangkan minum tidak diperbole­hkan ketika menjalankan ibadah puasa.

Tapi bagi anda yang ingin tetap menjaga kebugaran tubuh anda dengan tetap berolahraga ketika puasa. Kami mempunyai bebera­pa tips olahraga di ketika puasa, terutama di Bulan Ramadhan.

Berikut 5 tips sehat berolahraga:

1 Sesuaikan jenis olahraga

BACA JUGA :  Konsisten Selama 10 Tahun, Vihara Dhanagun Jaga Keberagaman Lewat Santunan dan Buka Puasa Bersama

Ketika puasa tubuh menjadi lebih cepat lelah. Oleh sebab itu, disarankan agar anda tidak berolahraga yang berat seperti sepak bola, basket atau voli.

2 Mengonsumsi protein yang banyak

Saat berpuasa, usahakan untuk meng­konsumsi protein dalam jumlah banyak bila anda ingin berolahraga secara rutin.

3 Konsumsi karbohidrat saat sahur

Ketika berpuasa, waktu sahur adalah waktu yang paling penting untuk diper­hatikan bila anda ingin berolahraga. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak sebagai sumber en­ergi ketika berolahraga di saat puasa.

BACA JUGA :  Tinjau Lokasi Bencana di Kota Bogor, Dedie Rachim Pastikan Logistik Terakomodir

4 Perhatikan waktu olahraga

Selain jenis olahraga dan makanan yang dikonsumsi, hal lain yang penting diperhatikan adalah waktu berolahraga. Jangan olahraga di waktu siang hari. Pilihlah waktu olahraga yang tepat, lebih baik menjelang berbuka.

5 Penuhi cairan tubuh

Selalu jaga cairan tubuh anda agar tidak terkena dehidrasi ketika berpuasa. Perban­yak minum air putih ketika sahur dan buka puasa. Hal itu akan membantu anda tetap fit ketika berolahraga.

(Imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================