Sergio-Aguero6-179x540JAKARTA, Today – Kisruh di tubuh persepak­bolaan Indonesia yang berbuah jatuhnya sangksi, tidak hanya berimbas kepada pe­main dan pelatih saja.

Namun para penonton dan penggila sepakbola juga ikut terkena dampaknya, di­mana tidak bisa lagi melihat dari dekat atau sekedar berfoto bareng dengan para idola klub dan pemainnya.

Padahal dengan kedatangan para klub luar tersebut sangat menguntungkan bagi In­donesia terutama pe­nyedia fasilitas dan masyara­katnya.

Kare­na ses­uai jad­w a l dalam waktu dekat Klub Manchester City dan AS roma akan datang, namun dibatalkan karena kis­ruh yang terjadi.

Direktur Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Raja Pane mengung­kapkan bahwa Manchester City akhirnya me­mutuskan untuk mengunjungi Indonesia.

Semula, The Citizen- julukan Manchester City- direncanakan datang Juli 2015. Bahkan, per­wakilan Manchester City juga sudah mengecek kelayakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yang rencananya digunakan.

City sebelumnya dijadwalkan ke Indone­sia setelah menjalani tur di Australia. Viet­nam kemungkinan menjadi tujuan selanjut­nya usai membatalkan rencana ke Tanah Air.

“Perwakilan City sudah dua kali datang ke Indonesia untuk melihat stadion. Kami juga diundang, tapi sepertinya mereka memutus­kan untuk tidak datang,” ungkap Direktur Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Raja Pane.

Bahkan dikatakannya, hal tersebut merupak­an kerugian selanjutnya setelah FIFA men­jatuhkan sanksinya. Padahal kedatangan klub luar, disebutkan Raja Pane, tak hanya menguntungkan penyedia fasilitas, tapi masyarakat banyak.

“Tahun sebelumnya ada Liv­erpool, Chelsea, Arsenal. Ketiga tim tersebut jadi tontonan yang menarik karena pertandingan enak dan bermanfaat untuk pemain Timnas Indonesia. Buat kami, GBK tentu tidak jadi di sewa karena sanksi FIFA,” imbuhnya.

Tak hanya klub Man­chester City, klub AS R o m a juga dikabarkan batal datang. Pi­hak NineSport masih m e n g ­godok kegiatan AS Roma se­lama di Jakarta agar tidak me­langgar ketentuan FIFA.

Salah satu klub besar Italia, AS Roma, su­dah mengumum­kan secara resmi agenda tur musim panas mereka tahun ini. Namun, dalam rilis yang dilansir laman resmi klub, Indo­nesia tidak masuk dalam daftar.

Padahal sebelumnya, pihak promotor Nine­Sport memastikan bakal mendatangkan skuat asuhan Rudi Garcia ke Jakarta, 25 Juli nanti.

Namun memang, NineSport menjelaskan lantaran adanya sanksi FIFA terhadap Indo­nesia, membuat I Giallorossi tak bisa melaku­kan pertandingan dengan klub ataupun tim lokal Indonesia.

Berdasarkan agenda tur yang ada, Fran­cesco Totti dan kawan-kawan dijadwalkan mengikuti turnamen International Champi­ons Cup Australia di Melbourne, Australia.

Pada turnamen itu, mereka berhadapan dengan Real Madrid (18 Juli), dan Manchester City (21 Juli).

Kemudian, Roma akan melanjutkan per­jalanan mereka ke Spanyol, tepatnya meng­hadapi Valencia C.F di Stadion Mestalla, 8 Agustus nanti.

Ketika dikonfirmasi Goal Indonesia, pihak NineSport memastikan belum ada peruba­han rencana dari Roma terkait kunjungan mereka ke Jakarta.

“Sejauh ini jadi dan masih kita godok, su­paya tidak melanggar ban FIFA dan tetap bisa menghibur masyarakat sepakbola Indonesia yang saat ini sedang minim pertandingan sepakbolanya,” kata Gery Yesayas, Corporate Communications NineSport.

Indonesia Tak Tercantum Dalam Agenda

Manajemen Giallorossi hanya menyebut dua negara yang bakal menjadi tujuan pra­musim, yakni Australia dan Spanyol.

Manajemen AS Roma kemarin telah mengumumkan agenda tur musim panas Giallorossi. Namun dalam rilis yang dilansir laman resmi klub, Indonesia tidak disebut dalam agenda tur mereka.

Tim besutan Rudi Garcia ini memasukkan Valencia sebagai lawan yang akan dihadapi pada 8 Agustus dalam Trofeo Naranja Estrella Damm ke-44 di Stadion Mestalla.

Roma menyebutkan, kehadiran mereka di Trofeo Naranja Estrella Damm akan mem­perkaya agenda pramusim yang mengesank­an bagi fans. Sebelum ke Spanyol, Roma terlebih dahulu mengikuti turnamen Interna­tional Champions Cup Australia.

Dalam turnamen yang berlangsung di Melbourne itu, Roma akan menghadapi Real Madrid pada 18 Juli, dan tiga hari kemudian bertemu Manchester City.

“Kami mendapat kehormatan untuk ambil bagian di Trofeo Naranja tahun ini. Valencia merupakan klub dengan sejarah hebat, dan kami berharap itu menjadi laga yang men­arik,” ujar CEO Roma Italo Zanzi.

Sebelumnya, promotor NineSport menye­butkan, Roma akan menyambangi Indonesia, dan beraksi di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 25 Juli.

Namun akibat adanya sanksi FIFA, Roma tidak akan melakoni pertandingan, dan kegiatan klub Serie A Italia itu akan dikemas seperti latihan terbu­ka, dan simu­lasi pertandin­gan.

(Imam/net)