HL---Nissan-Juke-R-(5)Nissan makin beringas menelurkan mobil pengembangan Crossover. Kali ini Juke dipermak menjadi makin bengis dengan kekuatan hingga 600 tenaga kuda (tk)

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Figur model pengem­bangan crossover pal­ing bertenaga Nissan, Juke-R, akan diperke­nalkan di ajang Goodwood Fes­tival of Speed 2015 yang akan dibuka pekan ini di Inggris. Ni­ssan menyebutnya Juke-R 2.0 dan inti dari segala perubahan ada di jantung pacu yang kini menyemburkan tenaga lebih besar yaitu 591 tk.

Juke-R 2.0 menggunakan mesin V6 3.8L hasil racikan Ni­smo, mesin ini juga digunakan pada GT-R Nismo. Total tenaga mencuat lebih dari 100 tk dari versi orisinil Juke-R yang hanya punya besaran 485 tk.

Selain performa yang mel­onjak signifikan, Juke-R 2.0 juga punya keuntungan sebab memakai konstruksi bodi baru dengan bahan serat karbon termasuk pada bumper dan perangkat aerodinamis. Di ba­gian depan, bisa terlihat ban­yak jalur masuk udara untuk mengimbangi asupan mesin.

Nissan memang belum mengungkap angka performa, tapi sudah sepantasnya Juke-R 2.0 bisa berlari lebih kencang dibanding sebelumnya. Eks­pektasi akselerasi 0 – 100 kpj lebih cepat dari 3,7 detik seper­ti versi standar dan saat dipacu di gigi teratas kecepatannya melebihi 257 kpj.

Nissan masih menganggap Juke-R 2.0 adalah mobil kon­sep dan tidak menyebut sedikit pun kemungkinan menjadi model produksi. Meski nantin­ya versi paling “bengis” Juke ini dijual di pasaran, harganya pasti di atas versi sebelumnya yaitu 590.000 dollar AS atau Rp 7,8 miliar.