dinantikan oleh umat muslim sedunia. Pada saat bulan itu tiba, bukan berarti harus banyak beris­tirahat dengan bermalas-malasan di rumah den­gan memperbanyak waktu tidur dan mengurangi waktu produktif.

Sebenarnya di bulan suci ini, masih bisa melaku­kan kegiatan seperti ativitas pada umumnya, atau mungkin lebih menarik dan asik jika dapat meng­isi waktu kosong dengan berwisata. Mau bentuk kegiatan apapun saat berwisata di bulan Ramadhan, sebaiknya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak mengurangi pahala saat berpuasa.

Pastikan kondisi kesehatan

Kondisi badan sehat dan fit adalah modal pertama untuk bisa melakukan sebuah aktivitas. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan makanan yang dapat men­cukupi kebutuhan nutrisi. Kemudian minum air putih yang banyak karena tubuh kita membutuhkannya agar tidak menjadi lemas. Dan jangan lupa mengkonsimsi vitamin agar stamina tetap kuat saat travelling.

Baca Juga :  Usai Menyampaikan Pesan Kepada Anaknya, Pria di Bogor Ditemukan Tewas Tergantung

Buat rundown tour

Pilihlah spot wisata yang jauh dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan hindari tempat wisata yang memiliki suhu dengan terik mataha­ri yang dapat membuat kita merasa cepat capek. Akan lebih baik jika memilih tempat wisata yang memiliki nilai sejarah agama islam.

Siapkan segala kebutuhan pribadi

Seperti perlengkapan sholat dan kitab suci Al- Qur’an untuk jadwal waktu sholat dan imsakiyah. Jangan lupa membawa bekal yang cukup ketika terpaksa untuk berbuka puasa.

Baca Juga :  PB-X450 Bantu Warga Sakit dan Anggota yang Terkena Musibah

Istirahat sejenak ketika adzan maghrib

Ketika waktu buka puasa tiba, beristirahatlah sebentar untuk berbuka dengan makanan dan minuman. Tegukan pertama adalah kenikma­tan yang luar biasa kemudian makan buah kurma yang manis dan berbagi dengan yang lain adalah kebersamaan yang luar biasa indah.

Saat sahur

Jangan terlalu pilih pilih untuk mencari warung dengan waktu sahur yang sangat sempit. Kalau kita menginap di hotel hiasanya meraka su­dah menyediakan breakfest hidangan saat sahur.

(Imam/net)