foto-ATMPT Bank Central Asia Tbk. menyediakan dana senilai Rp38 triliun untuk kebutuhan Lebaran.

Oleh : Adilla Prasetyo
[email protected]

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan dana tersebut lebih rendah dari ang­garan tahun lalu senilai Rp44 triliun. Nantinya, cuan senilai Rp38 triliun tersebut bakal disiapkan pada 2 minggu sebelum hari raya Lebaran.

“Kalau kami lihat tahun lalu itu kelebihan, waktu itu Rp44 triliun di­gelontorkan 3 minggu sebelum Leb­aran ternyata belum ada lonjakan. Jadi kelihatannya peak –nya dua minggu sebelum hari-H kami sediakan Rp38 triliun,” ujar Jahja di Jakarta, akhir pe­kan lalu.

Baca Juga :  Pemotor Masuk Tol Kebun Jeruk, Seorang Lansia Tersesat Tak Hafal Jalan Pulang

Adapun menurut Jahja, pada hari biasa, umumnya nilai transaksi di BCA mencapai Rp10 juta-Rp12 juta. “Kalau Lebaran itu peak-nya bisa Rp15 juta- Rp16 juta per hari termasuk transaksi di cabang dan e-channel,” tutur Jahja.

Baca Juga :  Luar Biasa, Warga Kampung di Majalengka Fasih Bicara 6 Bahasa Asing

Jahja menambahkan dari tren pada tahun-tahun sebelumnya, penggunaan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) saat Lebaran memang mengalami lon­jakan baik di kota besar maupun di daerah. Namun, lanjut Jahja, umumnya pada H+3 Lebaran, perputaran dana-dana dari daerah tersebut akan kem­bali ke kota besar.