PAY-Xiong-ShuihuaAPA yang dilakukan pengusaha sukses asal Tiongkok ini mungkin langka terjadi. Triliuner bernama Xiong Shuihua baru-baru ini membangun deretan rumah mewah lalu dibagikan ke seluruh warga di desa tempat dia tumbuh hingga dewasa. Seperti apa kisahnya?

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Kisah inspiratif Xiong Shui­hua ini juga ditulis oleh Dailymail. Dia seorang pengusaha industri baja yang menghabiskan masa kecil di desa Xiongkeng, Xinyu, sebelah selatan Tiongkok.

Xiong tumbuh dari keluarga dan lingkungan yang terbilang miskin. Dia harus meminjam uang untuk bersekolah dan hidup sehari-hari. Saat-saat itu dikenangnya sebagai saat-saat ajaib.

Xiong dibantu oleh masyarakat sekitar dengan memberi pinjaman uang tanpa bun­ga. Budi baik dari tetangganya ini selalu dike­nang Xiong, bahkan saat dirinya sukses jadi pengusaha.

Baca Juga :  Seorang Perempuan 18 Tahun Jadi Target Pelecehan Seksual Mr. X

Dia membagi-bagikan rumah mewah ke­pada seluruh warga di desa tempat ia tum­buh. Dia sedih melihat mereka sebagian ma­sih hidup miskin, sehingga perlu memperoleh rumah yang layak.

Tak cuma membagikan rumah mewah, perusahaan Xiong sekaligus menyediakan makanan mewah bagi warga lansia tiga kali sehari.

“Aku mengumpulkan banyak uang hingga aku tahu aku akan melakukan hal ini [mem­berikan rumah], dan aku tidak akan lupa aku berasal dari mana,” ujarnya.

Ada 72 keluarga yang tinggal di desa terse­but. Mereka semua hidup dalam keadaan yang memprihatinkan dan dengan jalan ma­sih berupa tanah berlumpur

Baca Juga :  Kerap Disakiti Wanita, Pria Ini Nekat Berpacaran Dengan Boneka Seks

Xiong mengatakan dirinya ingin mem­bayar utang masa lalu, sekaligus memastikan orang-orang yang membantu keluarganya dan dirinya semasa kecil mendapatkan kembali uang mereka yang dulu dipinjamnya.

Qiong Chu, 75, penduduk lokal desa terse­but mengatakan terkejut pengusaha itu masih ingat apa yang mereka lakukan. “Saya ingat orang tuanya. Mereka orang-orang yang ber­hati baik dan sangat peduli terhadap orang lain. Dan hebatnya, putranya mewarisi kebai­kan hati mereka.”

Apa yang dilakukan Xiong membuat desa ini terkenal ke seantero negeri. Saat ini, seki­tar 27% orang di Tiongkok tinggal di bawah garis kemiskinan.

(SLP)