KAKIAN---DroneDrone memang bukan hal baru . Dalam sejarahnya, pesawat tanpa awak ini banyak dikembangkan oleh kalangan militer. Namun, 2015 drone kian bergairah. Drone terus mewabah menjadi hobi baru, khususnya bagi para penggemar fotografi dan videografi.

Oleh : (Apriyadi Hidayat)

PEMINATNYA pun terus tum­buh. Maka tak heran kalau ratu­san jenis drone baru bermun­culan dengan berbagai macam bentuk, ukuran, dan fungsi.

Menurut Marketing Exec­utive Drone Indonesia Gusti Ramadhana Wardiansyah, seiring dengan makin ban­yaknya peminat drone, dalam waktu dekat pihaknya menggelar Drone National Expo 2015 di Hotel Salak The Heritage, 4-5 Juli 2015.

Gusti yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Drone Nastional Expo 2015 ini menjelaskan bahwa dengan adanya teknologi drone saat ini, sebuah objek di darat akan mam­pu diambil dengan berbagai po­sisi dan sangat memudahkan bila suatu objek tersebut memiliki ket­erbatasan sudut pandang di darat.

“Tren dan perkembangan drone di Indonesia yaitu mengacu pada drone yang mudah digu­nakan, berukuran kecil, memi­liki durasi terbang yang lumayan baik, serta memiliki kapabilitas videografi dan foto yang baik. Untuk tren di Bogor kami melihat pasarnya masih cukup potensial, sehingga kami membuat Drone National Expo 2015 ini,” ung­kap Gusti kepada BOGOR TODAY, Kamis (2/7/2015).

Gusti mengaku cukup terkejut dengan antusiasme para peserta pameran dan lomba foto menggu­nakan drone. “Bogor sangat luar biasa. Banyak pemandangan dan bangunan-bangunan eksotik yang bisa dieksplor memakai drone. An­tusiasme masyarakatnya pun tidak kalah dengan kota-kota besar lain­nya,” kata dia.

Baca Juga :  Resep Membuat Lumpia Lapis Udang, Enak Untuk Dijadikan Cemilan

Dalam Drone National Expo 2015 di Hotel Salak The Heritage nanti, penyelenggara mengang­kat tema Conquer The Sky With Your Hand. Gusti berharap dengan adanya teknologi drone ini yang semaikn terjangkau dan mudah untuk digunakan, maka dapat menginspirasi masyarakat untuk menggunakan drone dalam keg­iatan sehari-hari seperti fotografi, videografi dan lain sebagainya. Terlebih, menjadi seorang pilot menjadi profesi idaman bagi ban­yak orang.

“Untuk harga, drone semakin terjangkau. Kisaran paling murah mulai dari Rp700-900 ribu, sedan­gkan termahal mulai dari Rp17-50 juta. Ada juga drone rakitan priba­di yang bisa mencapai Rp80 Juta. Berbagai jenis drone itu akan hadir dalam expo nanti,” terangnya.

Gusti menambahkan, pada Drone National Expo 2015 akan dipamerkan berbagai macam jenis drone seperti Quadcoper, Hexacopter, Octocopter, Fixed Wing Drone, dan masih banyak lagi. Selain itu, penyelenggara juga menggelar seminar dengan tema seperti lisensi pilot drone untuk kalangan umum, drone se­bagai alat pemetaan, pengambi­lan foto dan video dengan drone, dan drone sebagai pesawat tanpa awak.

Bagi para pilot drone, akan ada juga kontes fotografi menggu­nakan drone dengan tema “Nature meets Heritage” yang diadakan di Hotel Salak The Heritage pada saat acara berlangsung. Terakhir yaitu eksibisi terbang yang dilakukan pi­lot drone berpengalaman.

Baca Juga :  Hendak Berangkat Bekerja, PNS Lapas Lamongan Tewas Terlindas Truk Ayam di Mojokerto

“Akan ada eksibisi terbang langsung yang dipandu oleh pilot drone yang sudah berpengalaman dengan menggunakan drone yang sudah banyak dijual di pasaran maupun buatan sendiri. Jadi pe­gunjung bisa langsung melihat ka­pabilitas dan potensi yang dimiliki drone seperti apa,” tandasnya.

Setelah Selfy, Ada Dronie

Fenomena selfy sudah biasa. Kalau mau dapat sesuatu yang beda, coba saja dronie. Ham­pir serupa dengan selfy, dronie adalah cara untuk memotret diri sendiri. Bedanya, bila selfy di­lakukan dengan kamera depan dismartphone, dronie dilakukan dengan drone, alias pesawat tan­pa awak yang digerakkan dengan remote control.

“Tren dronie juga turut men­dongkrak penjualan drone. Kalan­gannya pun beragam, mulai dari remaja hingga orangtua, mulai dari pria hingga wanita,” kata Gusti.

Ya, melakukan dronie tak se­mudah melakukan selfy. Anda mes­ti lihai mengendalikan drone den­gan remote control. Terkesan lebih rumit, tetapi justru di situlah letak seninya. Dengan kepandaian Anda dalam mengendalikan kamera di drone, dapatkan hasil foto yang beda dari sekadar foto selfy biasa.

Penasaran seperti apa rasanya berfoto dengan drone? Dronie bisa dicoba di helatan Drone National Expo 2015 di Hotel Salak The Her­itage, 4-5 Juli 2015. Oiya, jangan lupa hasil foto dronie Anda unduh di Facebook, Path, Instagram, Twit­ter, ataupun akun jejaring sosial lainnya.