alfian mujaniNUZULUL Qur’an, secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an, kitab suci umat Islam. Istilah ini merujuk ke­pada peristiwa pent­ing yakni diturunk­anya wahyu Allah pertama kepada Nabi Muhammad Sallala­hu Allaihi Wassalam. Wahyu pertama tu­run di Gua Hira, tem­pat berkomtemplasi Muhammad Rosulullah.

Umat Islam di Indonesia selalu memper­ingati peristiwa bersejarah tersebut secara khusus. Setiap tanggal 17 Ramadhan, di­lakukan perenungan dan kajian atas hikmah Nuzulul Qur’an. Di masjid-masjid dilakukan pengajian dan ceramah keagamaan. Di Istana Negara juga selalu dilangsungkan peringatan Nuzulul Qu’an.

Baca Juga :  MUSIBAH

Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1-5. Di dalam lima ayat pendek ini mengand­ung perintah luar biasa yakni membaca (bela­jar) ilmu Allah yang maha luas. Keberilmuan dan kemurahan Allah yang tak terukur dan tak terbatas. Membaca adalah keniscayaan untuk bisa sampai pada derajat kemanusiaan yang dijanjikan dan dimuliakan Allah. Yaitu derajat orang-orang berilmu dan bertakwa.

Baca Juga :  MUSIBAH