HL---AdilMenjadi atlet tak selamanya bergelut dengan masa depan suram. Banyak atlet berprestasi memiliki masa depan cerah, baik di dunia olahraga maupun non olahraga

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Banyak atlet ber­prestasi di masa pensiunnya dari du­nia keatletan memi­liki kehidupan yang berkecukupan secara materi. Serta kondisi badan yang lebih bugar dibandingkan dengan non atlet.

“Namun ada persyaratan yang perlu dipenuhi, yakni ad­anya koordinasi yang terjalin baik antara pemerintah daerah (Pemda) setempat pelaku dunia olahraga serta pengusaha,” kata Ketua Pengurus Cabang (Peng­cab) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Bogor, Aman Muslihat Noor.

Dikatakannya, berkarir di­dalam dunia olahraga menjan­jikan masa depan yang lebih baik. Tidak sedikit para atlet berprestasi bisa mempunyai ke­hidupan yang layak. Hal tersebut juga diamini beberapa pengu­rus cabang olahraga yang telah melahirkan banyak para atlet.

Baca Juga :  Ribuan Suporter Nyalakan 1000 Lilin dan Gelar Doa Bersama di Stadion Pakansari 

Lebih lanjut dikatakan Aman, bergelut dan mencetak prestasi di dunia olahraga apa­pun akan memberikan manfaat positif bagi para atletnya, seperti yang dialamai beberapa atlet voli binaannya yang sudah banyak menjadi pegawai negeri sipil.

“Seperti contoh kecilnya saja para atlet voli yang pernah saya bina. Selain bisa mem­berikan manfaat bagi stamina, olahraga ini juga menjanjikan masa depan kepada para pe­main berprestasi, terutama bagi anak-anak muda. Kita ti­dak bisa menutup mata dari karir bola voli. Sudah ban­yak atlet yang dipekerjakan di badan usaha milik daerah (BUMD), banyak anak-anak kita yang sudah mendapatkan pekerjaan jika memang talen­tanya sudah teruji. Ada yang menjadi TNI, Polisi dan PNS lainnya,” jelas Aman.

Peluang masa depan bagi para atlet berprestasi sudah tidak bisa dipungkiri. “Semo­ga ini menjadi motivasi bagi masyarakat yang memiliki ke­mampuan terutama bagi kaula muda,” tuturnya.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan

Selain dari cabang olah­raga voli, beberapa pengurus cabang olahraga lainnya juga menuturkan hal yang sama. Seperti Cabor panjat tebing, se­lam, dan judo.

“Memang berprestasi di bidang apapun akan berdam­pak positif bagi setiap orang yang memiliki kemampuan. Terutama di Bidang olahraga. Banyak para atlet berprestasi yang memiliki kehidupan yang layak, namun untuk mencari para atlet tersebut kita perlu mensosialisasikan ini kepada masyarakat,” papar Ketua Pengcab Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POS­SI) Kabupaten Bogor.

Namun, kita tidak bisa me­nutup mata ada beberapa dae­rah yang tidak bisa memberikan perhatian dan memenuhi kebu­tuhan para atletnya yang telah menorehkan prestasi dan mem­bawa harum nama daerah yang dibelanya.

Perlu sinergitas yang baik antara pemerintah daerah (Pem­da), pengusaha serta lapisan masyarakat untuk mensejahter­akan para atlet serta memajukan dunia olahraga. (*)