PKL-jln-Dewi-Sartika-5BOGOR TODAY – Pembong­karan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di Blok A Pasar Kebonkembang akan di­laksanakan menjelang lebaran. Sebelumnya PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor setelah bermusyawarah dan menden­gar aspirasi pedagang telah memberikan kelonggaran dan toleransi dengan memberikan waktu yang sebelumnya akan di lakukan pada awal bulan Mei 2015 di tunda menjadi puasa menjelang lebaran, hal ini kare­na para pedagang di TPS telah membuat pernyataan bermat­erai membongkar sendiri serta tidak akan menuntut konpensa­si apapun. Penundaan tersebut memberikan kesempatan bagi pedagang untuk mencicil kios di blok A.

Sulhan Kelana Bumi, Kasu­bag Hukum dan Humas PD PPJ Kota Bogor, mengatakan, TPS akan dibongkar karena revital­isasi Blok A telah selesai di ban­gun. Program revitalisasi Pasar kembang merupakan langkah kongkrit untuk menata dan memajukan pasar tradisional. Apalagi Pasar kebon kembang atau pasar anyar sudah menjadi ikon pasar di Kota Bogor. “Tim pembongkaran TPS sudah di bentuk, kita juga sudah mem­buat surat edaran mengenai jadwal pembongkaran, koordi­nasi dengan dinas terkait yakni satpol PP dan dinas kebersihan juga sudah di lakukan, jadi tung­gu hari H nya saja,” ujarnya.

Baca Juga :  Perkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi Polemik Kenaikan BBM

Sulhan mengatakan pem­bongkaran 425 TPS di Pasar Ke­bon Kembang ditargetkan selesai dalam waktu 3-4 hari di mulai H-2 lebaran.

Diantaranya ada dua titik tempat penampungan semen­tara pedagang yang tersebar di Jalan Dewi sartika dan Nyi Raja Permas.

Semua akan kita bongkar se­cara bertahap target sampai tiga hari, di mulai dari TPS komoditi sandal sepatu dan elektronik di Jalan Nyi raja Permas, semua kita akan kita akan kembalikan ke po­sisi semula,» ujar Sulhan.

Baca Juga :  Tidak Sesuai Izin, Bangunan di Kawasan Pasar Anyar Dibongkar

Dijelaskannya, rencana pembongkaran tempat penam­pungan sementara di Pasar Kebon Kembang telah disosia­lisasikan sejak tiga bulan sebe­lumnya, melalui pendekatan dan pembicaraan kepada para pedagang.

Sementara, Direktur Opera­sional PD Pasar Pakuan Jaya, Su­haeri mengatakan, pembong­karan TPS menjadi bagian dari langkah agar para pedagang segera mengisi kios blok A yang telah selesai di bangun di samp­ing itu untuk membuat pasar menjadi Aman, Nyaman, dan Tertib khususnya akses lalulin­tas orang dan barang menjadi terjamin sehingga pasar akan ramai pengunjung . “Setelah di bongkar Area TPS itu harus steril dan zero PKL” ujarnya.

(Yuska Apitya/*)